Jelang Lebaran Disdagperin Pati Sidak ke Pasar Tradisional dan Toko Modern

0
81

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional dan toko modern menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada Kamis (21/4/2022).

Beberapa tempat yang disidak Disdagperin di antaranya, Pasar Puri Baru, toko modern Ada, Luwes dan retail lainnya. Ini dimaksudkan untuk memonitor ketersediaan bahan pangan serta Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) menjelang lebaran.

“Monitoring ketersediaan bahan pangan, kepokmas dan pengecekan kelayakan makanan di pasar dan toko modern menjelang lebaran,” kata Kepala Disdagperin, Hadi Santosa.

Dalam kesempatan itu, pihaknya memastikan stok atau ketersediaan bahan pangan dan Kepokmas hingga Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini dalam kondisi aman.

Hadi menegaskan ketersediaan Kepokmas di pasar aman. Tetapi, berdasarkan hasil pantauan di pasar itu, dirinya mendapati sejumlah harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran mulai merangkak.

Kebutuhan pokok masyarakat yang saat ini tengah naik yaitu daging, baik itu daging ayam maupun sapi. Ini lantaran konsumsi daging saat bulan Ramadhan dan menjelang lebaran bisa dipastikan naik.

“Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu daging ayam, daging sapi, telur, cabe dan bawang putih,” jelas Hadi.(adv)