IKM Nirsem Bunda Jual Jamu Kunir Tradisional

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Siapa yang tak tahu dengan Kunir, bahwa salah satu dari bumbu dapur ini selain digunakan untuk keperluan penambah cita rasa makanan. Juga bisa dibuat dalam bentuk minuman. Kunir mempunyai aroma dan rasa yang khas.

Satu Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Pati yang menekuni usaha dari Kunir adalah Nirsem Bunda. Pemilik Nirsem Bunda, Puji mengatakan bahan dasar kunir ini diolah menjadi berbagai produk minuman.

“Produk dari bahan rempah Kunir ini di antaranya dibuat minuman Sirup Kunir Asem, Kunir Asem, Beras Kencur, Sere lemon dan Gulas,” ujar Puji kepada Samin News, Kamis (14/4/2022).

Popularitas kunir sebagai rempah berkhasiat makin meningkat. Rempah dengan warna kuning yang kuat ini menawarkan beragam manfaat kesehatan. Kunir bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Rempah ini paling sering dimasukkan pada masakan sebagai penyedap.

Dalam pengobatan tradisional, kunir diolah menjadi minuman berkhasiat. Dengan kombinasi bahan alami lainnya, minuman kunyit bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh. Tetapi, tak usah repot-repot, karena itu sudah disediakan oleh Nirsem Bunda.

IKM yang beralamat di Jambean Kidul, Margorejo, Pati ini menawarkan berbagai produk olahan yang berbahan dasar kunir. Dirinya mengaku, usahanya itu sudah berjalan mulai nenek moyangnya.

“Meneruskan usaha nenek moyang, jamu Kunir Asem enggak hanya disukai orang tua saja, tetapi anak-anak pun ikut suka karena mempunyai cita rasa yang khas,” imbuhnya.

Selama ini, dia mengatakan produknya itu dipasarkan melalui cara manual yaitu di tempat produksi serta melalui toko online. Tetapi jika ingin melihat dan mendapatkan produk-produknya, juga bisa didapatkan di Plaza Pragolo di jalan Pati-Kudus.

“Semoga penjualan NirSem ke depan tambah banyak dan diminati masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Untuk memesan produk-produk Nirsem tersebut, bisa menghubungi pemiliknya 085229485941 (Puji) atau langsung ke Plaza Pragolo Store.(adv)