Seksie Jalan; Tayangkan ke ULP Tujuh Paket Pekerjaan Peningkatan Ruas Jalan di Pati

0
78
Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo.(Foto:SN/dok-aed)
Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo.(Foto:SN/dok-aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari-hari terakhir ini yang terlintas dalam harapan masyarakat Pati, adalah turun tangannya pihak yang berkompeten untuk menangani kerusakan ruas jalan yang rata-rata sudah mengalami kerusakan cukup parah. Sehingga lelang awal untuk paket pekerjaan rehabilitasi ruas jalan Winong-Sokopuluhan, Kecamatan Pucakwangi dan Pati-Gabus dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kini, sudah tinggal pelaksanaan.

Menyusul berikutnya, papar Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUPR Kabupaten Pati, Hasto Utomo, pihaknya kini sudah menyiapkan tujuh paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lainnya. Paket sebanyak itu sudah siap ditayangkan melalui Unit Lelang Pengadaan (ULP), sehingga rekanan yang berminat bisa segera mengajukan permohonan penawaran.

Paling tidak, akhir pekan ketiga bulan ini sudah ada rekanan yang memasukkan penawaran, sehingga tahapan pelaksanaan tahapan lelang sudah bisa berjalan maksimal. ”Dengan demikian, paling tidak sampai pertengahan April mendatang sudah bisa dimulai pelaksanaan pekerjaan oleh rekanan pemenang tender, sepanjang penggunaan dana APBD Kabupaten Pati, untuk pekerjaan tersebut tidak ada perubahan,”ujarnya.

Dari ketujuh paket tersebut, lanjut dia, di antaranya adalah untuk ruas jalan Tayu-Dukuhseti, Ngemplak Bulumanis, Kecamatan Margoyoso, dan Pasucen, Kecamatan Trangkil-Lahar, Kecamatan Tlogowungu. Selain itu ada pula paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lainnya, jika tidak salah adalah untuk ruas jalan Kayen-Tambakromo.

Selesai lelang tujuh paket pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut, akan segera disusul tayangan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lainnya. Dengan demikian, untuk alokasi anggaran APBD Tahun 2022 Kabupaten Pati, sedikitnya Rp 15 miliar dialokasikan untuk 14 paket pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut.

Menjawab pertanyaan, Hasto Utomo menambahkan, untuk tahun ini pihaknya juga harus merencanakan pembangunan jalan tembus antara Wangunrejo-Sokobubuk, Kecamatan Margorejo lewat lintas perbukitan Patiayam. ”Untuk pekerjaan struktur jalan ini sudah masuk perencanaan, dan pagu anggarannya sudah teralokasikan sebesar Rp 1 miliar,”imbuhnya.