Meski Kasus Turun, Satgas Minta Tracing Tetap Dikencangkan

0
29
Ilustrasi pelacakan kasus atau tracing melalui swab (Medcom)

SAMIN-NEWS.com, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting, meminta pemerintah daerah agar tracing tetap dikencangkan. Meski, menurutnya kasus konfirmasi Covid-19 sudah menurun.

Dirinya meminta pelacakan kasus covid-19 di wilayahnya masing-masing. Pelacakan kasus atau tracing tetap harus dilakukan hal itu untuk mengetahui pengendalian covid-19 yang terjadi di suatu daerah.

“Meskipun terlihatnya covid-19 ini sudah menurun, tracing masih harus dilakukan. Kasus per hari masih ada. Kematian karena covid-19 juga masih dilaporkan. Oleh karena itu, kepala daerah masih harus mengencangkan tracing,” kata Alexander dilansir Media Indonesia, Sabtu (12/3/2022).

Selanjutnya, ketika tracing baik dan hasil positivity rate di suatu daerah menurun, Pemda bisa melakukan sejumlah pelonggaran. Pelonggaran itu, katanya seperti melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas murid yang lebih banyak atau dilakukan secara bertahap.

Alexander menjelaskan penerapan PTM oleh suatu daerah, maka keamanannya harus dijamin. Salah satunya dengan memastikan dengan melakukan tracing. Pasalnya, pembelajaran tidak bisa dilakukan terus menerus secara daring.

“Anak-anak kita kan perlu sekolah, perlu menjadi pintar. Dengan sekolah online saja itu tidak cukup. Makanya kita harus memastikan daerah kita aman agar anak bisa sekolah langsung,” ujarnya.