BPBD: Banjir Pucakwangi Disebabkan Luapan Sungai Sentul

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa hari ini sejumlah wilayah di Pati, utamanya bagian timur dan selatan mengalami banjir. Wilayah tersebut misalnya di Kecamatan Batangan, Jakenan, Gabus hingga Kayen.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya menjelaskan banjir itu disebabkan karena intensitas tingginya hujan. Sehingga berpengaruh terhadap sungai tak mampu menampung debit air.

Misalnya, kata dia banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Pucakwangi lantaran curah hujan tinggi. Kemudian, ini berdampak meluapnya air Sungai Sentul ke area pemukiman warga juga persawahan.

Banjir di wilayah Desa Glonggong, Pati. (dok. BPBD Pati)
Banjir di wilayah Desa Glonggong, Pati. (dok. BPBD Pati)

“Banjir diakibatkan curah hujan tinggi di wilayah Pucakwangi yang berdampak meluapnya air sungai Sentul ke area pemukiman dan persawahan. Sebelumnya hujan tinggi, lalu air mulai masuk ke area pemukiman hari Selasa itu sekitar pukul 02.00 wib,” kata Budi tertulis yang diterima, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya, genangan air bervariatif tetapi rata-rata sekitar 60 cm di sekitar jalan pertigaan pasar Glonggong. Akibatnya saat itu jalur antara Winong-jakenan ditutup. Dan setidaknya di Pucakwangi itu ada lima desa yang terdampak.

“Wilayah terdampak banjir sebagian Desa Glonggong, Sembaturagung, Bungasrejo, Tondomulyo dan Kalimulyo. Rumah yang terendam banjir sekitar 70 Rumah di Desa Glonggong,” jelasnya.

Saat ini aktivitas penduduk yang terdampak masih normal warga memilih tinggal dirumanya. Banjir itu selain menggenangi pemukiman juga di area persawahan.

“Terdampak pada Desa Glonggong, rumah yang terendam banjir sekitar 70 rumah, area persawahan kira-kira seluas 70 hektar dimana 40 hektarnya siap panen,” tambah dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati, Nikenti Meiningrum Previous post Banjir di Pati Genangi 642,5 Hektar Padi
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, H Hardi Next post Soal Raperda Disabilitas, Dewan Tunggu Hasil Evaluasi Gubernur Jateng
Social profiles