Tingkatkan Kemampuan dan sebagai Syarat Naik Pangkat, Polres Pati Gelar Ujian Beladiri

0
52
Personel Polres Pati tampak berjajar mengikuti Ujian Beladiri Polri di Stadion Joyokusumo yang dilaksanakan mulai 23 s/d 25 Februari 2022.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat, jajaran Personel Polres Pati mengikuti Ujian Beladiri Polri di Stadion Joyokusumo. Ujian Beladiri Polri oleh Polres Pati ini dilaksanakan mulai 23 s/d 25 Februari 2022, atau berakhir hari ini.

Kapolres Pati melalui Kasi Humas Iptu Sukarno menyatakan pelaksanaan Ujian Beladiri berlangsung secara bergilir. Dengan rangkaian dari tes kesamaptaan jasmani hingga kemampuan dalam mempertahankan diri melalui beragam teknik.

“Dalam pelaksanaan ujian Beladiri Polri, yang diujikan adalah kemampuan anggota mempertahankan diri dengan tehnik dasar Beladiri Polri seperti jatuh, roll depan, pukulan, dan tendangan,” terang Sukarno.

Menurutnya, kemampuan beladiri sangat penting dimiliki oleh anggota Polres Pati. Karena ini diperlukan dalam rangka melindungi diri dan atau masyarakat saat bertugas.

Kemampuan tersebut, di antaranya kemampuan serangan lawan menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis. Termasuk juga, kata Sukarno jika diperlukan anggota Polri bisa melakukan serangan balik baik menggunakan tangan kosong maupun dengan alat.

Di sisi lain, ujian beladiri bagi personel Polri kata Sukarno bukan hanya bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan fisik personel. Melainkan juga dimaksudkan sebagai kelengkapan syarat kenaikan pangkat.

“Tujuan diadakannya ujian Beladiri Polri bagi personel Polres Pati adalah untuk nilai 13 Komponen sebagai syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang) dan mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari dilapangan,” imbuh Sukarno.

Ujian beladiri Polres Pati ini dipimpin oleh Ketua Tim Penguji Iptu Pramono. Dan diketahui pula, ujian beladiri Polri dilaksanakan secara rutin dan berkala, yaitu dilakukan dalam jangka 6 (enam) bulan sekali.