Hari Ini Pati Kembali Memakamkan Satu Jenazah Standar Protokol Covi-19

0
60
Saat kedatangan jenazah yang harus dimakamkan standar protokol Covid-19 dari RS KSH Tayu ke tempat pemakaman Kentengan Mojo, Kecamatan Cluwak.(Foto:SN/dok-tw)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ini Jumat (25/Februari) 2022 sejak pagi hingga sore hari ini, hanya ada satu jenazah yang harus dimakamkan dengan standar protokol Covid-19. Yakni, seorang laki-laki, warga Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak yang meninggal pada pukul 03.29 WIB, di tempat almarhum dirawat, di Rumah Sakit (RS) KSH Tayu.

Dengan demikian, untuk pemakaman jenazah almarhum menjadi tanggung jawab relawan Tim Tunggul Wulung yang bermarkas, di kawasan pantai Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti. Sebab, sesuai zonasi wilayah pemakaman untuk kawasan Pati utara, termasuk di wilayah Kecamatan Cluwak, Tayu, Dukuhseti, Margoyoso dan Kecamatan Trangkil menjadi tugas tim tersebut.

Terlepas dari hal itu, papar Koordinator Relawan yang bersangkutan, Mbah Ali alias Mbah Anggur juga mengucapkan syukur, karena warga yang meninggal karena positif terpapar Covid-19 itu adalah sudah lebih dari cukup. ”Lebih bersyukur lagi, kalau tiap hari tim kami tidak harus melaksanakan tugas itu,”ujarnya.

Namun faktanya, lanjut dia, hari ini masih ada lagi setelah beberapa hari sebelumnya sudah tidak melaksanakan pemakaman kecuali oleh tim organik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati. Terakhir pihaknya harus melaksanakan pemakaman standar protokol Covid-19, warga Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Pati, Selasa (22/Februari) 2022 lalu.

Sedangkan jenazah seorang laki-laki yang terhitung masih berusia muda itu, sebelum meninggal sebelumnya sempat dirawat di RSUP Dokter Kariyadi Semarang. ”Akan tetapi yang meninggal hari ini, terhitung sudah tua karena sudah 60 tahun, dan hasil swab PCR dari rumah sakit setempat juga ternyata positif,”imbuhnya.

Diperoleh keterangan, kendati hari ini Tim Organik dari BPBD Pati tidak melaksanakan tugas pemakaman, tapi malam sebelumnya atau pada Kamis (24/Februari) tadi malam harus memakamkan satu jenazah perempuan, warga Desa Doropayung, Kecamkatan Juwana. ”Almarhumah meninggal di RSUP Dr Kariadi Semarang, dan pemakaman yang berlangsung hampir pukul 01.00 dinihari, dilaksanakan di Desa Karang juga di Kecamatan Juwana.