Tahun Ini Dana Hibah Banpol di Pati Penghitungannya Naik Jadi Rp3 Ribu Per Suara

0
118
Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat pada Kesbangpol Pati, Herman Setiawan

SAMIN-NEWS.com, PATI -Dana hibah bantuan keuangan Partai Politik (Banpol) Kabupaten Pati melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) tahun 2022 dilaporkan mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat, Herman Setiawan menyatakan hibah bantuan keuangan Partai Politik (Banpol) itu diberikan bagi partai yang memiliki kursi di dewan. Sedangkan jumlah bantuan yang diberikan variatif.

“Jumlahnya variatif dihitung per suara. Untuk di Kabupaten Pati tahun 2022 ini, per suara mendapat Rp3.000. Sementara tahun sebelumnya Rp2.390, jadi ada kenaikan sekitar Rp600,” kata Herman di kantornya, Selasa (22/2/2022).

Terkait dengan perolehan dana hibah Banpol itu, kata dia tinggal mengalikan dengan jumlah suara sah pada pemilihan 2019 kemarin. Ia membeberkan berdasarkan data KPU, jumlah suara sah pada pemilihan 2019 yang lalu sebanyak 749.532 suara sah dari perolehan semua partai.

“Ada data jumlah masing-masing partai A atau B, tetapi jumlah keseluruhannya saja, jumlah global. Saya khawatir dikomplain partai. Karena sini pernah dikomplain,” terangnya sambil senyum.

Akan tetapi, penyebutan jumlah global itu Herman menuturkan sebenarnya faktor etika. Pasalnya terkait dengan publikasi itu, diakui Kesbangpol juga terlebih dahulu konfirmasi ke partai. Misalnya mengirim surat, sebab, menurutnya yang dilakukan adalah kerja dewasa.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan peruntukan dana hibah Banpol untuk pendidikan politik dan ke-sekretariatan. Masing-masing pembagiannya pendidikan politik 60 persen yang kedua 40 persen. Akan tetapi, untuk bulan Februari 2022 ini, bantuan hibah Banpol tersebut belum cair.

“Bantuan untuk tahun 2022 belum, karena syarat untuk mencairkan Banpol itu harus ada rekomendasi dari BPK. Saat ini masih mengaudit tahun 2021, hasil dari audit itu diberikan suatu rekomendasi untuk bisa mencairkan di tahun 2022,” tambahnya.