Presiden Gelar Pertemuan Tokoh Masyarakat dan Adat Kaltim terkait IKN

SAMIN-NEWS.com, Presiden RI Joko Widodo (Joko Widodo) menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (31/01/2022) kemarin.

Para tokoh masyarakat ini mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Seperti yang disampaikan oleh Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin. Pihaknya menyambut baik dibangunnya IKN di Kalimantan Timur.

“Kami atas nama Sultan Kutai Kartanegara mendukung penuh 100 persen diadakannya pembangunan IKN saat ini,” ujarnya.

Dukungan datang juga dari Kepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung. Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat adat dilibatkan dalam Badan Otorita maupun pembangunan fisik IKN tersebut.

“Pertama itu, dengan adanya IKN ini tolong di dalam Badan Otorita tuh masyarakat adat bisa diakomodir. Yang kedua dalam pembangunan fisik ya masyarakat sebagai mitra kerja. Yang ketiga karifan lokal, tolong perhatikan kearifan lokal, adat istiadat, budaya,” kata Ajang.

Hal senada juga diungkapkan Syarifuddin HR selaku Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar. Ia pun meminta agar masyarakat adat setempat lebih diperhatikan, terutama menyangkut kualitas sumber daya manusianya.

“Kami hanya minta tolong diperhatikan sumber daya manusia kami supaya kami tidak kalah dengan saudara-saudara kami pendatang dari luar nantinya, supaya saudara-saudara kami generasi kami nanti bisa bersaing karena penduduk Kalimantan adalah penduduk yang welcome, yang selalu bisa menghargai satu sama lain,” ujar Syarifuddin.

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Taufik Hanafi menyatakan Presiden Joko Widodo terbuka dalam pembangunan IKN dengan melibatkan para tokoh masyarakat dan adat setempat.

Taufik mengatakan para tokoh masyarakat adat Kalimantan Timur itu sangat antusias dan mendukung penuh pembangunan IKN. Termasuk memberikan masukan yang bersifat konstruktif.

“Tentu ada masukan-masukan yang sangat berharga, mulai dari pentingnya memperhatikan kearifan lokal, penguatan SDM, dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah aspek budaya yang ini terus akan diperhatikan dan ditingkatkan di dalam pengembangan IKN mendatang,” kata Taufik.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Hari Ini Kelenteng Hok Tik Bio Buka Warung Gratis, Bagikan Kue Keranjang dan Sembako
Next post Eddy Siswanto: Kelenteng Hok Tik Bio Sempat Tiga Kali Pindah
Social profiles