Pemprov Jawa Barat Usulkan Tiga Daerah Baru

0
41
Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil (dok Pemprov Jawa Barat)

SAMIN-NEWS.com, Sedikitnya pemerintah provinsi Jawa Barat mengusulkan tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Ketiganya adalah Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku akan selalu mengupayakan daerah bilamana layak dimekarkan atau perluasan daerah. Pasalnya jumlah Populasi Jabar hampir 50 juta jiwa, seharusnya lebih dari 27 daerah serta ideal hingga 40 daerah.

“Jabar dengan populasi hampir 50 juta jiwa idealnya memiliki 40 Kabupaten/kota. Kita akan terus mengusulkan daerah-daerah yang harus kita mekarkan. Idealnya dari 27 daerah itu menjadi 40 daerah,” kata Emil dikutip CNNIndonesia.

Tiga usulan daerah tersebut, menurut Emil masing-masing di wilayahnya rata-rata memiliki lebih dari 11 kecamatan. Sedangkan jumlah penduduknya, ia menyebut masing-masing daerah antara 500 ribu sampai 600 ribu jiwa.

Ia menjelaskan untuk saat ini terkait pemekaran calon daerah itu, pemerintah provinsi sudah membentuk pansus. Sehingga, apa yang menjadi semua syaratnya segera dipenuhi dan ditindaklanjuti untuk proses tersebut.

Bahkan, Emil meyakini betul pemerintah pusat akan menerima usulan pemekaran calon daerah otonom baru ini. Mengingat, calon daerah otonomi baru sudah layak untuk diwujudkan berikut dengan segala aspeknya.

Dalam kesempatan itu, Emil juga mengatakan, pihaknya berharap suatu saat per satu juta penduduk Jabar bisa dilayani oleh satu administrasi pemerintahan. “Semoga suatu hari terkejar keadilan di mana satu juta penduduk Jabar bisa dilayani oleh satu administrasi pemerintah,” pungkasnya.