Jadwal Pemilu Sudah Ditetapkan, KPU Pati: Data Pemilih Terus Diperbaiki

0
100
Rapat internal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jadwal pemungutan pemilu sudah ditetapkan pada 14 Februari 2024 mendatang. Oleh karena itu, KPU Pati terus bergerak melakukan pemutakhiran data pemilih. Dalam prosesnya, KPU bekerjasama dan berkoordinasi dengan instansi/dinas terkait.

“Jumlah pemilih masih terus dilakukan pemutakhiran, kita berkoordinasi dengan Disdukcapil dalam konteks bagi pemilih-pemilih baru. Dengan Intansi Polres dan Kodim misalkan, ini untuk kategori pemilih anggota yang sudah purna. Karena saat aktif tidak punya hak pilih,” kata Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan, Kamis (17/2/2022).

Kemudian, kata dia KPU koordinasi dengan Dikbud. Misalnya pelajar SMA per hari ini sudah masuk 17 tahun, data ini yang digunakan untuk pemutakhiran yang dalam hal ini adalah Cabang Dinas Wilayah III.

“Selanjutnya, adalah Kemenag, dalam konteks ini pemilih yang sudah menikah sebelum berumur 17 tahun. Karena di dalam syarat pemilih itu, dia berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah,” ucap Imbang

Melalui data verifikasi update data tersebut, lantas dimasukkan ke dalam data daftar pemilih sementara setiap bulan dievaluasi dipleno. Adapun KPU tiap tiga bulan mengundang istansi/dinas terkait untuk istilahnya data sandingan pemutakhiran daftar pemilih.

Disinggung pentahapan pemilu, ia menjelaskan dalam Undang-undang minimal dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Adapun pemungutan sudah disepakati KPU, Bawaslu, Komisi II DPR RI, Kemendagri, DKPP tanggal 14 Februari 2024.

“Artinya jika ditarik ke belakang, Juni 2022 sudah mulai pentahapan. Tetapi memang hingga saat ini prosesnya belum kita terima PKPU atau petunjuk teknis pemilu kapan tahapan ini dimulai,” terangnya.

Pihaknya membeberkan dalam pemilu ada tiga bagian, yaitu peserta, penyelenggara dan pemilih. Kaitannya pemilih sudah jelas ada masyarakat, dimana menggunakan by data yang tiap bulan dilakukan evaluasi pemutakhiran.

“Kemudian, ada penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu sekarang masih berproses fit and proper tes. Nah untuk pentahapan awal itu akan dimulai dengan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2024,” pungkasnya.