Di Grobogan Binda Target 2,5 Ribu Masyarakat Dapat Vaksinasi Hari Ini

0
15
Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Grobogan,

SAMIN-NEWS.com, Pemkab Grobogan melanjutkan kembali vaksinasi untuk mengejar target semua warga mendapatkan vaksin. Pemkab Grobogan dalam pelaksanaan vaksinasi berkolaborasi dengan Binda Jateng yang dilokuskan di 10 puskesmas kabupaten setempat.

“Target hari ini 2.500 meliputi anak-anak, lansia, umum dan booster. Pelaksanakan 10 puskemas dengan lokus utama di SD N 1 Kuwu, sisanya sub lokus,” ujar Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, Selasa (8/2/2022).

Di sisi lain, Binda hari ini juga melaksanakan program vaksinasi massal di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Serbuan vaksinasi Covid-19 oleh Binda Jateng ini diselenggarakan di 13 wilayah kabupaten/kota.

Ia mengatakan target peserta vaksinasi total keseluruhan ke-13 daerah tersebut dalam kesempatan ini sebanyak 28.000 dosis. Di antaranya adalah Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Demak, Grobogan, Kudus, Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Pekalongan dan Brebes.

“Jenis vaksin yang dipergunakan bagi anak atau pelajar yaitu jenis sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM untuk dipergunakan. Sementara untuk masyarakat secara door to door (DTD) serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan,” terang Kabinda.

Untuk mensukseskan vaksinasi ini, Binda Jateng mendirikan 14 sentra vaksinasi di kabupaten/kota. Sementara itu, untuk menjembatani masyarakat yang belum bisa datang ke lokasi sentra vaksinasi, petugas juga melayani vaksinasi jemput bola atau Door to door (DTD).

Selain itu, Brigjen TNI Sondi Siswanto mengingatkan bagi masyarakat tidak perlu panik, namun tetap waspada menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, terutama pada daerah-daerah yang sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

“Tidak perlu panik, yang penting menerapkan protokol kesehatan. Kalau kasus naik di kota kita, kurangi mobilitas dan usahakan untuk tetap stay di rumah saja,” harap Sondi.