Wapres Ma’ruf Amin Tekankan Tiga Fungsi Pesantren

0
49
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.

SAMIN-NEWS.com, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan tiga fungsi pesantren. Fungsi itu lazim bagi Ponpes, utamanya dalam mendidik santrinya yakni amar makruf nahi munkar.

Hal itu disampaikan juru bicaranya, Masduki Baidlowi terkait kunjungan Wapres dan silaturahmi di pondok pesantren Al-Khairaat, Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (7/1/2022).

Dalam kesempatan itu, menurut Baidlowi, Wapres menekankan pentingnya pesantren menyiapkan santri-santrinya di bidang keagamaan yang pasti, termasuk menguasai ilmu fiqih.

“Pertama, pesantren memiliki tugas pokok untuk menyiapkan kader-kader yang ahli fikih. Kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Al-Khairaat,” katanya dikutip Media Indonesia.

Kemudian, lanjutnya Wapres juga menekankan pentingnya peran pesantren dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim, sehingga pemberdayaan masyarakat ini akan mendorong kesejahteraan umat. Apalagi, kata dia, bahwa Ponpes Al-Khairaat memiliki cabang dibanyak tempat.

“Jadi Wapres tadi menekankan agar Ponpes Al-Khairaat itu menggerakkan ekonomi umat, karena cabangnya ribuan di pelbagai tempat,” ungkap Masduki.

Selain itu, ia menegaskan, Wapres Ma’ruf Amin memandang nilai keislaman di Sulawesi mampu menyebar hingga luar daerah sampai Papua. Tentu, posisi Ponpes Al-Khairaat punya peran strategis dalam pemberdayaan masyarakat.

“Nilai-nilai keislaman itu bahkan tersebar tidak hanya di Sulawesi, tetapi juga berkembang sampai ke Papua. Itu yang disampaikan Wapres,” Pungkasnya.