Tahun Bershio Macan Air adalah Simbol Kebangkitan

0
Koordinator Kelenteng se-Kabupaten Pati, Eddy Siswanto dan replika seekor macan yang menjadi shio dalam Tahun Imlek 2573 di Tahun 2022 yang sudah dihadirkan di Kelenteng Hok Tik Bio Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kurang dari  sepekan menjelang mulai  berlangsungnya Tahun Imlek 2573 di Tahun 2022, Selasa (25/Januari) 2022 kemarin, replika seekor macan dihadirkan di Kelenteng Hok Tik Bio, di Kompleks Pecinan Pati. Sebab, Tahun Imlek ini ber-shio ”Macan Air” yang merupakan ”Tahun Kebangkitan,” setelah dua tahun mengalami keterpurukan karena kondisi masa pandemi Covid-19.

Sedangkan ”Shio”,  papar Koordinator Gusdurian Pati KH Happy Irianto yang selama ini tiap tahun terlibat dalam merefleksi Tahun Baru Imlek di kelenteng tersebut, berdasarkan atrologi China, sebenarnya tak lain budaya Suku Tionghoa yang sejak awalnya beragama Konghucu. Akan tetapi budaya peninggalan suku tersebut sampai saat ini masih mampu bertahan, sebagai bentuk penghormatan busaya para leluhur.

Dengan demikian, dalam setiap menyambut datangnya Tahun Baru Imlek, budaya leluhur suku ini terus mengalir, ke dalam bentuk-bentuk prediksi dalam rentang waktu satu tahun berjalan. Yakni, sebagai penyambutan Tahun Baru Imlek 2573 yang ber-Shio Macan Air yang diprediksi menjadi ”Tahun Kebangkitan,” setelah kondisi dua tahun ini terpuruk karena masa pandemi Covid-19 yang diharapkan bisa segera berakhir.

Karena itu, secara keseluruhan di Tahun 2022 atau di Tahun Imlek 2573, tentu menjadi tumpuan harapan baru bagi sebagian besar orang. ”Harapan besar tersebut, utamanya adalah berkait dengan hal keuangan dan karier bagi siapa saja yang tahun ini tengah meniti kariernya yang sudah barang tentu banyak kesuksesan didapat,”ujarnya.

Replika seekor macan yang kini ditempatkan di serambi Kelenteng Hok Tik Bio dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun 2022 yang disediakan bagi para pengunjung untuk bergambar bersama maupu berfoto swadiri.(Foto:SN/aed)

Memang benar, lanjut KH Happy Irianto, berdasarkan Astrologi China, Tahun 2022 atau Tahun Imlek 2573 menjadi Tahun Macan Air. Akan tetapi, tahun tersebut sebenarnya hanya dipandang sebagai hal biasa, sepertinya tidak banyak yang bisa diharapkan mengingat sifatnya sebagai tahun kebangkitan, meskipun hal tersebut masih merupakan satu hal yang sulit.

Apalagi, jika kita mencermati Shio Macan Air berdasarkan Astologi  tersebut bagi yang ber-shio itu juga masih sulit untuk mengembangkan kariear dan berinovasi. Akan tetapi bagi yang saat ini tengah meniti karier, maka harus memperhatikan pula beberapa hal yang tidak boleh diabaikan, dan juga jangan sampai ditinggalkan.

Sedangkan hal-hal lain yang harus selalu diperhatikan tersebut, di antaranya adalah harus memperhatikan hubungannya dengan orang yang saat ini menjadi atasan maupun pemimpinnya. Selain itu juga harus bisa merangkul dan menjaga hubungan baik dengan para bawahan di lingkungan tempatnya bekerja, sehingga bisa terjalin hubungan kerja yang harmonis.

Sementara di Tahun Macan Air ini, ada beberapa shio yang seharusnya berterima kasih kepada shio Macan Air yang juga berdasarkan prediksi Astrologi China banyak uang. ”Di antaranya adalah orang-orang yang lahir dengan shio Tikus, Anjing, dan juga Ayam Jantan, tapi semua itu hanyalah berdasarkan prediksisi yang untuk bisa mewujudkannya tetap harus bekerja keras dan jangan lupa selalu berdoa,”imbuhnya.