Siswa SMK Bakti Utama Terlibat Kegiatan Disabilitas

SAMIN-NEWS.com, PATI – Siswa SMK Bakti Utama Pati juga terlibat dalam kegiatan anak-anak difabel penyandang disabilitas inteligensi di kantor Cabang Dinas Pendidikan III. Keterlibatan para siswa ini merupakan bentuk kepedulian, pendampingan serta perhatian terhadap mereka anak bertalenta khusus.

Seperti diketahui, anak-anak disabilitas mengikuti ragam kegiatan Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) Jawa Tengah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuat ruang anak disabilitas dan menggali bakat yang dimiliki masing-masing anak.

Bunga Dalia Sukma Melati mengatakan siswa yang terlibat bersama anak-anak disabilitas semuanya kelas X SMK Bakti Utama. Ia menyatakan profesi Keperawatan juga ada program tanggung jawab berkait dengan pendampingan masyarakat, termasuk anak disabilitas.

“Keperawatan pendampingan care sebagai bentuk perhatian terhadap teman-teman disabilitas,” kata Bunga.

Menurutnya, mereka layaknya orang normal pada umumnya yang perlu mendapat perhatian. Ketika tidak bisa memberi, paling tidak kehadiran anak-anak disabilitas mempunyai tempat yang setara atau dengan kata lain jangan ada diskriminasi.

Ia mengaku, ini bukan program wajib dari sekolah. Tetapi, ini dilakukan atas inisiatif dari teman-teman kelas X sendiri. Ia bercerita, ketika tau ada informasi ini langsung ikut dan koordinasi kepada panitia terkait.

Bunga menyadari bahwa kegiatan bersama dengan mereka, adalah yang paling dirasakan persoalan komunikasi. Pasalnya, ia bersama dengan teman-temannya kurang banyak mengetahui bahasa isyarat yang digunakan.

“Tantangannya adalah bahasa komunikasi mereka yang menjadi tantangan, karena tidak semua orang tahu bahasa isyarat,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sirkuit Mandalika Dipastikan Siap untuk Gelaran MotoGP Maret Mendatang
Baur SIM Satlantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno Next post Fasilitas Satpas Representatif, Pembuat SIM Baru tak Diperkenakan Pakai Calo
Social profiles