Siswa SMK Bakti Utama Terlibat Kegiatan Disabilitas

0
20
Siswa SMK Bakti Utama Pati ambil bagian dalam kegiatan PeSonas bersama anak-anak disabilitas

SAMIN-NEWS.com, PATI – Siswa SMK Bakti Utama Pati juga terlibat dalam kegiatan anak-anak difabel penyandang disabilitas inteligensi di kantor Cabang Dinas Pendidikan III. Keterlibatan para siswa ini merupakan bentuk kepedulian, pendampingan serta perhatian terhadap mereka anak bertalenta khusus.

Seperti diketahui, anak-anak disabilitas mengikuti ragam kegiatan Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) Jawa Tengah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuat ruang anak disabilitas dan menggali bakat yang dimiliki masing-masing anak.

Bunga Dalia Sukma Melati mengatakan siswa yang terlibat bersama anak-anak disabilitas semuanya kelas X SMK Bakti Utama. Ia menyatakan profesi Keperawatan juga ada program tanggung jawab berkait dengan pendampingan masyarakat, termasuk anak disabilitas.

“Keperawatan pendampingan care sebagai bentuk perhatian terhadap teman-teman disabilitas,” kata Bunga.

Menurutnya, mereka layaknya orang normal pada umumnya yang perlu mendapat perhatian. Ketika tidak bisa memberi, paling tidak kehadiran anak-anak disabilitas mempunyai tempat yang setara atau dengan kata lain jangan ada diskriminasi.

Ia mengaku, ini bukan program wajib dari sekolah. Tetapi, ini dilakukan atas inisiatif dari teman-teman kelas X sendiri. Ia bercerita, ketika tau ada informasi ini langsung ikut dan koordinasi kepada panitia terkait.

Bunga menyadari bahwa kegiatan bersama dengan mereka, adalah yang paling dirasakan persoalan komunikasi. Pasalnya, ia bersama dengan teman-temannya kurang banyak mengetahui bahasa isyarat yang digunakan.

“Tantangannya adalah bahasa komunikasi mereka yang menjadi tantangan, karena tidak semua orang tahu bahasa isyarat,” pungkasnya.