Fasilitas Satpas Representatif, Pembuat SIM Baru tak Diperkenakan Pakai Calo

Baur SIM Satlantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satlantas Polres Pati tak henti mendorong masyarakat, utamanya pembuat surat izin mengemudi (SIM) agar tak mengandalkan jasa calo. Pasalnya sekarang ini, pelayanan di Satpas SIM lebih representatif baik dengan fasilitas dan pengamanan yang canggih.

Baur SIM Satlantas Polres Pati Bripka Hery Prayitno mengatakan, kantor Satpas SIM baru diresmikan sekitar sebulan lalu dirancang sedemikian rupa sesuai dengan aturan yang berlaku. Mulai dari, pendaftaran, tempat masuk, loket uji teori hingga lapangan uji sesuai aturan kepolisian RI.

“Tempat lapangan uji cukup representatif yang luas dan nyaman. Maka, tak usah menggunakan jasa calo, tapi cukup dan buktikan dengan kemampuan mengendara baik untuk SIM A maupun C,” kata Bripka Hery di kantornya, Kamis (13/1/2022).

Pihaknya mengatakan Satpas Polres Pati memiliki tipe prototype fasilitas yang ada berdasarkan ketentuan Perkap dan Perpol. Begitu juga dengan lapangan uji sesuai Peraturan Kepolisian (Perpol) nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM.

Kemudian, lanjut Hery yang bisa masuk ke Satpas hanya yang mempunyai barcode. Baik itu orang yang membuat SIM dari bagian pendaftaran, maupun petugas setempat. Oleh karenanya, ia mendorong agar masyarakat untuk percaya dengan kemampuan yang dimiliki.

“Cukup dengan percaya diri tidak usah menggunakan jasa calo. Bila kesulitan, petugas Satpas akan sigap membantu masyarakat untuk proses pembuatan SIM,” ujar Bripka Hery.

Selain itu, pelayanan Satpas SIM Polres Pati saat ini juga difasilitasi One Gate System. Yakni sebuah sistem pengamanan yang menggunakan barcode. Termasuk akses keluar masuk diatur hanya melalui satu pintu.

Menurutnya pelayanan di Satpas SIM sekarang ini lebih sempurna, mulai dari One Gate System masuknya harus memakai barcode. Juga selain yang berkepentingan tidak bisa masuk hanya yang mengurus SIM.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Siswa SMK Bakti Utama Terlibat Kegiatan Disabilitas
Next post Kalapas Kelas IIB Pati Tandatangani Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022
Social profiles