Rekanan Paket Bendung Blado Siap Tuntaskan dalam 20 HK Perpanjangan

0
67
Bagian pekerjaan saluran irigasi yang menjadi bagian dari paket Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, kini memasuki tahapan finishing dan pemasangan pintu.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tepat dua pekan perpanjangan hari kalender (HK) mulai dari Selasa (21/Desember) 2021 s/d Senin (3/Januari) 2022, maka pelaksanaan paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, terus dimaksimalkan. Bahkan pihak rekanan mentargetkan, sebelum 20 Januari 2022 pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya harus sudah tuntas.

Dengan demikian, pemberian perpanjangan atas keterlambatan selama 40 HK tersebut, tidak perlu dimanfaatkan secara keseluruhan. Sebab, pelaksanaan pekerjaan yang kini masih terus berlanjut, di antaranya adalah pembuatan saluran irigasi sepanjang 168 meter yang sudah memasuki tahapan finishing, dan pemasangan pintu juga sudah dipersiapkan.

Pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan, seraya menambahkan, perhitungan waktu itu bisa saja berubah mendadak. ”Sebab, di lokasi pekerjaan ini kami tergantung kondisi cuaca yang bila siang hari mendadak turun hujan, tapi tidak ada tempat untuk berteduh pada saat jam istirahat tersebut,”ujarnya.

Kesibukan di lokasi pekerjaan paket Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo.(Foto:SN/aed)

Akibatnya, lanjut Tari, para pekerja pun harus berbasah-basah saat jam istirahat sehingga saatnya harus memulai bekerja lagi sudah dalam kondisi basah kuyub. Dengan demikian, mereka pun harus memilih meninggalkan lokasi itu, meskipun harus dihitung setengah hari kerja, maka pihaknya tak bisa memaksa mereka untuk kembali bekerja dalam hitungan satu hari.

Kondisi tersebut, adalah kendala yang tak bisa dihindari tapi harapannya, dengan sisa paket pekerjaan yang belum bisa dituntaskan ini bisa segera diakhiri. Maksudnya, penataan tanah galian yang menyebabkan sekitar lokasi pekerjaan masih acak-acakan hendaknya juga bisa segera dituntaskan, sehingga penempatan material tersebut juga bisa lebih maksimal.

Sebab, bagian pekerjaan yang masih harus dituntaskan di antaranya adalah pembuatan intek dan pemasangan pintu, sarta pembuatan sayap hulu dan hilir kiri . Selabihnya adalah pembuatan saluran melintang di jalan sisi kiri bendung, dan jika hal tersebut bisa dituntaskan maka secara keseluruhan paket pekerjaan Bendung Blado sudah bisa diselesaikan,”imbuhnya.