Rangkaian Ritual Menyambut Tahun Baru Imlek 2573

0
61
Ketua Kelenteng Tjong Hok Bio Jepuro, Kecamatan Juwana, Oei Han Swie.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI -Tradisi budaya para leluhur Suku Tionghoa, bahwa setiap datangnya Tahun Baru Imlek diyakini membawa atau memberikan peruntungan baru. Sehingga dalam menyambut dan menyongsong datangnya tahun baru tersebut selalu dilalui dengan rangkaian ritual, dan semua itu tentu bersandar pada keyakinan terhadap ”Thian” atau Tuhan Yang Maha Kuasa,

Karena itu, Samin News menyambangi salah seorang Ketua Kelenteng Tjong Hok Bio Jepuro, Kecamatan Juwana yang statusnya di bawah Koordinator Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Oei Han Swie. Yang bersangkutan pun membeberkan rangkaian ritual yang harus dilakukan oleh warga Suku Tionghoa yang masih meyakini budaya leluhurnya dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2573, di Tahun 2022.

Hal tersebut, lanjutnya, bahkan sudah dimulai sejak Selesa (18/Januari) 2022 kemarin atau pada tanggal 16 bulan 12 (Bweege). Yakni, dengan melakukan sembayang mengakhiri atau menutup Tahun Imlek 2572, dan segera menyongsong ritual sembayangan pada Rabu (26/Januari) 2022 atau (tanggal 24 bulan 12) di mana Dewa Dapur atau Tjia Kunkong naik untuk menyampaikan laporan kepada ”Thian” tentang karma manusia.

Maksudnya, tentang apa saja yang dilaporkan oleh Tjia Kunkong atas diri/perbuatan baik dan buruk manusia ”Thian” mengetahuinya. ”Selain itu, Dewa Dapur juga memohonkan seluruh umat manusia pun dimintakan agar hidupnya diberikan rezeki, dan kemakmuran,”ujarnya.

Itulah bagian dari budaya para leluhur Suku Tionghoa yang berlangsung turun temurun sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang, dan semua itu terimplementasi dalam menyambut datangnya Tahun Baru Imlek. Adapun faktor yang melatarbelakangi hal itu, karena bagi masyarakat Suku Tionghoa, adalah karena setiap terjadi pergantian baru adalah membawa peruntungan baru.

Dengan naiknya Dewa Dapur melaporkan semua kepada ”Thien,” maka ritual pun tetap terus berlanjut, yaitu Sembayang Imlek tanggal 31 Januari 2022 yang jatuh pada bulan 12 tanggal 29 masih di Tahun 2572. Sedangkan tanggal 1 Februari 2022 yang juga jatuh pada bulan 1 tanggal 1 adalah Tahun Baru Imlek 2573 yang bershio Macan Air.

Untuk tanggal 4 Februari 2022 atau Jumat bulan 1 tanggal 4 Tahun 2573, Dewa Dapur turun ke bumi dengan membawa semua mandat dari ”Thian.”  ”Tanggal 8 Februari atau tanggal 8 bulan 1) pada tengah malam adalah ritual Sembayangan Tuhan Allah, tanggal 15 bulan 1 Imlek adalah akhir dari rangkaian perayaan menyambut Tahun Baru Imlek yang biasa dikenal dengan Capgome,”imbuh Oei Han Swie.