Pembenahan Dinding Taman Patung Kuda

0
104
Pembenahan dinding, baik depan maupun samping kiri belakang Taman Patung Kuda di pinggir perempatan ujung ruas Jl P Sudiman, Jl Taman Makam Pahlawan, dan Jl Tunggulwulung, masuk Desa Puri, Kecamatan Pati oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Per 1 Januari 2022 lalu, Bidang Kebersihan dan Pertamanan yang selama ini berada di DPUPR Kabupaten Pati berubah menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten setempat. Dengan demikian, hingga sekarang atau setelah berakhirnya bulan ini berarti kurun waktu sudah berjalan selama satu bulan.

Karena itu, OPD yang bersangkutan pun langsung mengambil langkah yang mendesak untuk segera dilakukan. Salah satu langkah tersebut tak lain adalah melakukan pembenahan taman-taman dalam Kota Pati yang sudah terlalu dimakan usia, sehingga perlu dilakukan upaya untuk menampilkannya dengan kondisi terbaru.

Sedangkan salah satu yang mendapat prioritas, papar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Mukhamad Tulus Budiarto, tak lain adalah Taman Patung Kuda yang terletak di ujung perempatan antara Jl P Sudirman, Jl Taman Makam Pahlawan, dan Jl Tunggulwulung. Taman Patung Kuda tersebut, terhitung sudah dibangun beberapa tahun lalu.

Dengan demikian, kondisinya, terutama dinding taman yang cukup tinggi, baik yang terletak di depan patung, sisi sebelah kiri dan juga bagian belakang membutuhkan perhatian. ”Sebab, dinding taman yang dilengkapi dengan kolam air mancur di dasar kolam tersebut pernah terjadi ada bagian yang ambrol,”ujarnya.

Dinding taman dan alas tempat berpijak Patung Kuda dalam Kota Pati yang harus dibenahi penguatannya juga pengecatan ulang dalam upaya penataannya.(Foto:SN/aed)

Faktor penyebabnya, lanjut Mukhamad Tulus Budiarto, ambrolnya bagian sudut dinding taman antara yang di depan dan di samping, karena rangkaian besi penguat tampak terpasang di luar bagian konstruksi dinding. Karena itu, konstruksi tersebut oleh pekerja yang melaksanakan perbaikan dan pembenahan, saat ini sudah ditanam masuk ke dalam dinding yang ditutup dengan adonan perekat pasir serta semen.

Untuk itu, pada tahapan ini pekerja yang bersangkutan masih terus berupaya melakukan perkuatan bagian dinding bagian sudut dan dinding depan. Apalagi, pada bagian dinding samping depan akan dilengkapi fasilitas air mancur, di mana air akan keluar mengalir ke kolam di bawahnya dari celah-celah dinding.

Selain penambahan fasilitas kelengkapan air mancur yang di samping depan taman kolam, untuk bagian belakang patung kuda yang bagian belakang juga diupayakan sama. Dengan demikian, jika selama ini bagian kelengkapan air mancur berada dalam kolam, maka setelah dilakukan pembenahan nanti ditambah fasilitas sama di bagian dinding taman.

Selebihnya, jika pembenahan selesai dilakukan maka tahap penyelesaian upaya memperindah Taman Patung Kuda tersebut, adalah pengecatan. ”Setelah tahapan itu selesai dikerjakan, maka Taman Patung Kuda tersebut akan kembali menampakkan keindahnya, terutama pada malam hari yang suasananya dipadu dengan keindahan lampu hias,”imbuhnya.