Agus Purwanto; Ilmuwan dari Pati Tercatat sebagai Peneliti Tingkat Dunia 2022

0
471
World Scientist and University Rankings 2021, Agus Purwanto.(Foto:Sn/dok-ap)

SAMIN-NEWS.com, ILMUWAN dari Pati, Agus Purwanto dionobatkan oleh studi Alper-Doger (AD) Scientific Index, sebagai ilmuwan internasional dan masuk dalam daftar teratas ilmuwan dunia. Hal itu berdasarkan penilaian Alper-Doger (AD) Scientific Index Tahun 2022.

Selain itu, alumni SD Winong Pati, SMP PGRI Winong, dan SMA Negeri 1 Pati ini juga menduduki rangking tiga terbaik se-Indonesia. Yakni, dalam bidang Manajemen dan Bisnis, serta menduduki rangking 2 dalam bidang Strategi Management.

AD Scientific Index, paparnya, memberikan peringkat dari institusi di dunia berdasarkan dari karakteristik ilmiah, dari peneliti yang berafiliasi. Index baru ini dikembangkan oleh Profesor Murat Alper (MD) dan Associate Profesor Cihan Doger (MD) dengan memakai nilai total dari lima tahun terakhir dari indeks i10, h-indeks, dan skor sitasi Google Scholar.

Adapun indeks yang telah dikembangkan oleh Profesor Dr Murat Alper (MD) dan Associate Prof Dr Cihan DOGER (MD) menggunakan nilai 5 tahun terakhir dari indeks i10, h-indeks, dan skor kutipan di Google Scholar.

Sistem mengklasifikasikan ilmu berdasatkan 12 subyek, yakni Pertanian & Kehutanan, Seni Desain dan Arsitektur, Bisnis & Manajemen, Ekonomi & Ekonometrika dan Pendidikan. Selain itu juga Teknik & Teknologi, Sejarah, Filsafat, Teknologi, Ilmu Hukum / Hukum dan Hukum, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial, dan lainnya serta 256 cabang ilmu.

Demikian pula untuk sistem ini menghitung kepada 14.120 institusi, 215 negara, dan 10 wilayah (Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, Oseania, Arab League, EECA, BRICS, Amerika Latin, dan COMESA) di dunia. Harapannya tentu semoga hal itu bisa menjadi pendorong dan inspirasi untuk terus bergerak dengan tak kenal lelah, untuk menghasilkan berbagai jenis bidang penelitian.

Karena itu, upaya terus mempublisnya juga harus terus menerus dilakukan. ”Dengan demikian, karya penelitian dapat berperan besar di masyarakat secara maksimal, serta mampu memberi manfaat bagi kemajuan bangsa,”tandasnya.