Obor Api PeSOnas Usai di Pati Diarak ke Jepara

0
Bupati Pati Haryanto menyampaikan sambutan dalam acara serah terima obor api PeSonas
Pemberian obor api dari atlet PeSonas Pati (kiri) pada Bupati Haryanto (kanan)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Obor api Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) usai sepekan bermalam di Pati, kini selanjutnya diarak ke Kabupaten Jepara. Prosesi penyerahan obor api diberikan oleh Bupati Pati, Haryanto diserahkan ke Bupati Jepara, Dian Kristiandi di Pendopo Pati, Jumat (14/1/2022).

Kirab Obor Api PeSOnas di Pati sejak 9 s/d 14 Januari 2022. Dan diketahui sebelumnya, api abadi dari Mrapen, Grobogan ini juga diarak ke sejumlah daerah Jawa Timur, lalu ke Kabupaten Rembang, Pati.

Wakil Ketua IV Bidang Nonkompetisi SOINA Jateng, Ripana Puntarasa mengatakan bahwa kami gembira bukan pada api yang berjalan, bukan kirab Obor Api PeSOnas. Melainkan terdapat pesan yang ingin disampaikan.

“PeSonas sudah bergulir sejak tanggal 9 di Pati. Dan pada prinsipnya ini hanya gerbang untuk memahami anak-anak difabel intelektual sebagai insan bertalenta khusus. Perlu mendapat ruang yang patut diapresiasi,” ujar Ripana.

Acara serah terima dalam kirab Obor Api PeSonas yakni pertunjukan seni tari Gambyong dari Sanggar Nagari Art

Selama di Pati, pihaknya mengaku bangga atas respon semua pihak. Baik unsur pemerintah, pendamping, orang tua, anak-anak SLB Negeri Pati maupun SCBC Trangkil.

Menurutnya, kegiatan PeSOnas di Pati bisa membuka seduluran (persaudaraan). Kemudian, anak-anak sangat gembira mendapat kasih sayang termasuk nganyari stadion Joyokusumo. Dan baru di Kabupaten Pati, secara sadar dengan membuat paguyuban orang tua disabilitas dengan nama Ngudi Raos Pesantenan.

Sementara Bupati Pati Haryanto, menambahkan anak-anak disabilitas butuh pembinaan khusus, dari orang tua maupun lingkungan masyarakat.

“Termasuk perhatian dari paguyuban yang baru dibentuk Ngudi Raos Pesantenan. Kita harus memberi perhatian khusus, bagi yang normal. Karena itu juga adalah pemberian dari Tuhan,” katanya.

Haryanto mengungkapkan di Pati juga ada organisasi difabel. Olehnya, ini bisa berkolaborasi dengan Special Olympic Indonesia (SOIna) Jateng sebagai organisasi dalam pelaksanaan PeSOnas terhadap para penyandang disabilitas.

“Selain itu semoga tidak butuh waktu lama juga terbentuk SOIna di Kabupaten Pati,” Haryanto berharap dan menginformasikan Pemkab Pati akan memberikan bantuan bagi anak-anak disabilitas di akhir acara oleh Baznas Pati.