Kirab Obor Api PeSOnas Pekan ini Bermalam di Pati

0
94
Obor Api Pekan Special Olympic Nasional (PeSonas) di terima Bupati Pati Haryanto dari pemda Rembang
Obor Api Pekan Special Olympic Nasional (PeSonas) di terima Bupati Pati Haryanto dari pemda Rembang

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kirab Obor Api PeSonas Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) Jawa Tengah mampir dan bermalam di Kabupaten Pati, Minggu (9/1/2022). Setelah sebelumnya, berkeliling ke sejumlah daerah di Jawa Timur, pada pekan kemarin di Rembang, dan pekan ini di Kabupaten lalu seterusnya ke Kota Ukir.

Obor Api PeSonas ini dijadwalkan mampir di Pati selama sepekan, sejak 9 s/d 14 Januari. Api abadi dari Mrapen, Grobogan ini, setelah selesai di Pati dijadwalkan selanjutnya dikirab ke Kabupaten Jepara.

Wakil Ketua IV Bidang Nonkompetisi, Special Olympic Indonesia (SOIna) Jawa Tengah, Ripana Puntarasa menyatakan saat ini baru kirab, sementara pelaksanaan PeSonas besok bulan Juli 2022 mendatang.

“Esensi kirab obor api ini adalah mengabarkan pada publik, tentang penyelenggaraan PeSonas dengan tema Akulah Bintang,” kata Ripana saat acara outbond di Kantor Cabang Dinas Pendidikan III, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, kegiatan PeSonas tersebut untuk membuka ruang bagi difabel intelektual yang juga disebut bertalenta khusus. Agar mereka mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Lebih lanjut, kata dia kita tidak bisa memaksa potensi nalarnya, tetapi kita bisa mendorong potensi hati, potensi rasa dan bentuk-bentuk kreativitas yang dapat mereka kembangkan. Itu adalah prinsipnya, jadi obor ini dikelilingkan, tujuan pertamanya untuk mengabarkan (PeSOnas).

“Yang terpenting adalah membuka ruang gembira dan ada atensi terhadap mereka,” ujarnya

“kedua adalah mengampanyekan, betapa pentingnya membuka ruang inklusi, terbuka dan kesetaraan bagi difabel intelektual. Yang selama ini banyak dipinggirkan, banyak stigma negatif yang diterima mereka,” jelasnya.

Ketiga, Ripana mengatakan tujuannya adalah terkait pembentukan peraturan daerah tentang disabilitas, yang saat ini tengah digodok. Termasuk di Pati sekarang ini masih diproses Peraturan Daerah (Perda) disabilitas itu.

Rute Obor Api PeSonas, sudah berjalan berkeliling sejak diluncurkan tanggal 9 Desember 2021. Dimulai dari Grobogan, Blora, Jombang, Mojokerto, Ponorogo, masuk Rembang Jawa Tengah, Pati.