Anak Disabilitas Main Bareng SOIna Jateng

0
40
Anak-anak disabilitas sedang bermain bersama dalam bentuk mengisi polybag di acara Kirab Obor Api PeSonas, Senin (10/1/2022)
Anak-anak disabilitas sedang bermain bersama dalam bentuk mengisi polybag di acara Kirab Obor Api PeSonas, Senin (10/1/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Puluhan anak-anak disabilitas dari SLB Negeri Pati dan Special Child for Bunda Community (SCBC) Trangkil, Pati mengikuti sejumlah permainan outbond bersama Special Olympic Indonesia (SOIna) Jawa Tengah di kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Senin (10/1/2022).

Outbond tersebut dilaksanakan secara havefun atau hiburan oleh pengurus SOIna. Dalam pelaksanaannya, dibantu oleh guru pendamping SLB Negeri Pati dan SCBC Trangkil serta para orang tua, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar), menggandeng komunitas umkm setempat (Kupat) dan OPD terkait.

Bentuk permainannya beragam, mulai dari tarian, nyanting batik, menggambar dengan media caping, mengisi polybag dengan tanah, bernyanyi dan lainnya.

“Secara prinsipnya ini dilakukan untuk membuka ruang gembira serta memberikan atensi bagi penyandang disabilitas,” ucap wakil ketua IV Bidang Nonkompetisi Special Olympic Indonesia (SOIna) Jateng, Ripana Puntarasa.

Adapun SOIna ini bakal menghelat kompetisi Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) bagi anak bertalenta khusus yang rencananya berlangsung pada bulan Juli 2022 mendatang. Tetapi, agendanya mulai sekarang ini sudah menyalakan Obor Api PeSonas yang dikirab ke berbagai daerah ke Jateng, DIY dan Jatim.

“Tetapi SOIna sudah melakukan kegiatan secara prinsipil yang dimulai sejak launching 9 Desember 2021 lalu yaitu tentang mendampingi mereka terkait kreasi, ekspresi dan budaya,” ungkapnya.

Kirab obor ini dimaksudkan sebagai kampanye mengajak kepada semua pihak semua masyarakat menyadari dan memberi atensi terhadap mereka penyandang disabilitas.

Salah satu anak, Atha terlihat sangat antusias dan bangga mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, dimungkinkan selama ini ruang bermain mereka cukup terbatas. Dan untuk kali ini bisa bermain, berkumpul bersama dengan rekan sebayanya.