Sekilas Profil Yahya Cholil Staquf Calon Ketum PBNU Pesaing Said Aqil Siradj

0
157
Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjadi calon ketum PBNU bersaing dengan Said Aqil Siradj pada Muktamar Ke-34 NU di Lampung. Foto: Facebook @Yahya Cholil Staquf

SAMIN-NEWS.com, Yahya Cholil Staquf menjadi satu di antara calon Ketua umum PBNU. Ia digadang-gadang menjadi calon ketum PBNU pada bursa pemilihan yang rencananya dihelat hari ini, Rabu (22/12/2021), di Muktamar Ke-34 NU, Lampung.

Gus Yahya, sapaan akrabnya turut meramaikan bursa calon ketua umum, selain Said Aqil Siradj untuk meneruskan kepemimpinan PBNU. Kabarnya, ia mendapat dukungan dari PWNU Jawa Timur beserta puluhan cabang NU di daerah.

Gus Yahya merupakan kakak Yaqut Cholil Qaumas, Menteri Agama RI saat ini. Bahkan dirinya dilantik menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada tahun 2018 oleh Presiden Joko Widodo.

Pada era Kepresidenan Gus Dur atau Abdurrahman Wahid, dirinya ditunjuk sebagai juru bicara. Bisa dikatakan orang yang matang karena sudah lama makan pahit manisnya kehidupan politik di Indonesia.

Sejak kecil, ia tumbuh dan berkembang di lingkungan pesantren. Maka, tak heran jika dirinya disebut santri tulen. Termasuk saat nyantri di Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta kepada KH Ali Maksum. Di Yogyakarta, ia juga mengikuti pendidikan formal. Pihaknya mengambil pendidikan tingginya itu di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam Muktamar kali ini, ada dua nama tokoh NU yang memiliki basis pendukung kuat yang menjadi kandidat kuat Ketum PBNU untuk kepemimpinan masa khidmat 2021-2026.