Rekanan Paket Bendung Pandi Akan Tuntaskan Pekerjaan Sampai Besok

0
Paket pekerjaan pembuatan sayap hulu kanan dan kiri Bendung Pandi, di Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo yang tinggal melakukan pengecoran sekitar 20 meter sayap hulu kiri bendung tersebut.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Sampai batas akhir hari kalender (HK), Sabtu (18/Desember) 2021 lalu, rekanan yang melaksanakan paket pekerjaan rehabilitas jaringan irgasi D.I Pandi, di Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, tidak bisa menuntaskan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Oleh pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) rekanan yang bersangkutan, diberikan perpanjangan waktu dengan sanksi membayar denda keterlambatan, masksimal sampai Minggu (26/Desember) mendatang.

Akan tetapi ternyata, sisa pekerjaan pembuatan sayap hulu kiri bendung tersebut sepanjang 60 meter sampai Rabu (22/Desember) 2021 hari ini, dipastikan akan bisa dituntaskan. Sebab, sisa pekerjaan pemasangan cetakan sementara (begisting) beton untuk konstruksi itu tinggal beberapa meter yang belum terpasang, dan akan terus diupayakan agar hari ini bisa dituntaskan.

Dengan demkian, papar pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Wiwid, jika hari ini tidak turun hujan pekerjaan tersebut dipastikan bisa dituntaskan. ”Bahkan jika cuaca tetap dalam kondisi baik, pada malam nanti bisa melalukan pekerjaan lembur, yaitu melakukan pengecoran sehingga diharapkan bisa menyelesaikan sebagian,”ujarnya.

Untuk keperluan tersebut, lanjut dia, secara keseluruhan masih dibutuhkan material beton sebanyak lima unit molen, dan hal itu bisa diorder pada perusahaan yang lokasi berdekatan dengan lokasi proyek, yaitu di pinggir jalan raya Pati-Kudus. Jika hal itu, bisa dilaksanakan maka kamis (23/Desember) 2021 pekerjaan pengecoran hanya tinggal sedikit.

Selain itu, pihaknya juga bisa menggurangi penggunaan HK perpanjangan yang semula selama delapan hari cukup dengan lima hari saja. Lagi pula, dalam memanfaatkan waktu perpanjangan HK tersebut, pihaknya juga bisa melaksanakan pekerjaan partisipasi, di antaranya pembuatan ”undak,” bagi warga yang hendak turun maupun naik dari alur kali.

Selebihnya, pekerjaan partisipasi lainnya adalah penataan pasangan batu belah, baik pada lokasi bendung yang sudah tidak maksimal kembali dimaksimalkan. ”demikian pula, pasangan batu belah pada tanggul bagian pintu air dari hulu ke hilir, sehingga saat ini semua sampai saat ini sudah selesai kami kerjakan,”imbuhnya.