Rekanan ”Paksakan” Untuk Bisa Menuntaskan Paket Pekerjaan Bendung Blado

0
116
Suasana kesibukan di lokasi paket pekerjaan pembangunan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Sabtu (25/Desember) 2021 hari ini.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mendapat perpanjangan waktu selama sembilan hari kalender (HK) sejak berakhirnya HK sesuai kontrak, Senin (20/Desember) hingga Rabu (29/Desember) 2021 pekan depan, rekanan paket pekerjaan pembangunan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, tetap berupaya ”memaksakan” diri. Yakni, untuk bisa menuntaskan paket pekerjaan tersebut sampai batas perpanjangan/penambahan HK maksimal, terakhir dengan konsekuensi membayar denda keterlambatan.

Dari pantauan di lokasi, Sabtu (25/Desember) 2021 hari ini, rekanan yang bersangkutan menambah jumlah pekerja, kendati masih ada kelompok yang harus menunggu mengingat lokasi pekerjaan yang harus dikerjakan, masih ditempati peralatan kerja, dan juga untuk menempatkan serta mempersiapkan maksimal. Selain itu, dua alat berat jenis ekskavator pun dikerahkan, untuk menata timbunan tanah galian, tapi sampai siang tengah hari tadi, untuk pekerjaan pemasangan sayap hulu maupun hilir kiri bendung belum bisa dikerjakan.

Akan tetapi, untuk mercu bendung sudah dilakukan pengecoran, dan bahkan hari ini diperkirakan bisa selesai. Sedangkan pekerjaan lainnya sudah dimulai tiga hari lalu, adalah saluran Blado kiri sepanjang 168 meter, lebar 40 cm, dan tinggi 60 cm pada sisi kiri dan kanan terus berlangsung, dan juga akan diupayakan bisa tuntas pada HK perpanjangan berakhir.

Kesibukan para pekerja di lokasi paket pekerjaan pembangunan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo yang tetap ”dipaksakan” untuk bisa dituntaskan.(Foto:SN/aed)

Pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, ketika ditanya berkait hal tersebut menegaskan, terhitung sejak hari ini, ini pihaknya masih mempunyai sisa HK perpanjangan selama 4 hari. Dengan demikian, untuk pekerjaan saluran kiri bendung sepanjang 168 meter yang semula akan ditangguhkan akhirnya tetap dilanjutkan.

Apalagi, setelah tiga hari dikerjakan paling tidak sudah bisa mendapatkan sebagian sehingga dengan sisa HK yang masih tersedia, tetap bisa dituntaskan. Sedangkan mulai Minggu (26/Desember) 2021 besok, paling tidak sudah bisa mulai mengerjakan pasangan untuk pembuatan sayap kiri hulu sepanjang 20 meter dan sayap kiri hilir 30 meter.

Dengan demikian, dalam waktu bersamaan paling tidak bisa dikerjakan pula pekerjaan lainnya, seperti pembuatan intek sebelah kiri, untuk mengalirkan air ke lahan petani yang berada di sisi timur jalan. ”Untuk pekerjaan lainnya, tentu saja penataan tanah galian untuk perkuatan tanggul di hulu bendung, dan juga penataan alur di hilir bendung yang sebelumnya ditutup saat berlangsung pekerjaan Bendung Blado,”imbuh Tari.