Pemerintah Proyeksikan Hapus BBM Jenis Premium

0
53
Pemerintah isyaratkan bakal hapus bbm jenis premium (Pertamina)

SAMIN-NEWS.com, Pemerintah mengisyaratkan bakal menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium mulai tahun 2022. Penghapusan dilakukan secara bertahap yang dimaksudkan untuk menciptakan dukungan bahan bakar ramah lingkungan.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan penghapusan itu dimulai dari masa transisi penggunaan bbm jenis premium ke jenis Pertalite maupun pertamax.

“Premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” ujarnya dikutip Antara pada, Senin (27/12/2021).

Bahan bakar yang ramah lingkungan, lanjutnya adalah di bawah RON 88 tidak baik. Namun di atasnya, RON 90 (Pertalite) serta Pertamax (di atasnya) jauh lebih ramah lingkungan. Transisi itu dilakukan karena mendukung pembangunan yang lebih bersih ramah lingkungan.

Hingga kini, ada 7 negara di dunia termasuk Indonesia masih menggunakan premium. Maka langkah ini harus segera direalisasikan secepatnya. Serta, menurutnya realisasi transisi premium ke Pertalite dijelaskan mampu menurunkan emisi karbon sebesar 14 persen.

Sementara Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero) Irto Ginting meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, yang bakal dihapus hanya premium.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan dan sesuai spek kendaraannya,” ungkapnya dilansir Media Indonesia, Minggu (26/12).

Pertamina, menurutnya terkait dengan kebijakan penghapusan premium itu dengan mengganti spek RON yang lebih tinggi berdasarkan keputusan pemerintah. Oleh karena itu, Pertamina akan selalu mensosialisasikan kebijakan penghapusan itu kepada masyarakat secara luas.