Masyarakat Pengguna Jalan Berterimakasih Kepada Satlantas Polres Pati

0
128
Penertiban pelanggaran kasat mata dan potensial kecelakaan di ruas jalan raya nasional Pati-Kudus.(Foto:SN/dok-sat-mus)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Masyarakat pengguna jalan, baik pengendara roda dua di jalur lambat Pati-Margorejo maupun di jalur cepat ruas jalan nasional Pati-Kudus, kini berterimakasih kepada Satlantas Polres Pati. Sebab, di ruas jalan dari kedua arah Pati maupun Kudus kian hari, semakin bertambah tertib.

Hal itu menyusul dilaksanakannya penertiban sejak awal Desember 2021 lalu, sehingga pengguna jalan yang berkendara motor dan biasa melanggar melintas di jalur cepat dengan kecepatan tinggi, sekarang jarang tampak terjadi. Padahal, mereka itu biasa melalukannya pada pagi-pagi sekali, utamanya yang dari Pati dan sore hari yang dari Kudus, serta malam hari juga sering terjadi.

Menyadari kondisi yang jika dibiarkan berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan, papar beberapa warga pengguna jalan ketika diminta tanggapannya berkait hal tersebut menyatakan, sangat mendukung jika personel Satlantas selalu melaksanakan pengawasan di ruas jalan dimaksud. Sebab, terjadinya pelanggaran pengandara motor yang seharusnya melintas di jalur lambat, karena merasa aman dari pengawasan petugas, maka berani melanggar sepertinya menjadi kebanggaan tersendiri.

Karena itu, tindakan yang sebenarnya membahayakan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain itu seharusnya dihindari dan jangan terus menerus dilakukan, baik ada petugas maupun tidak. ”Paling tidak, rasa malu pada diri sendiri dan juga kepada yang lain sesama pengguna jalan, seharusnya juga disadari bahwa hal tersebut, sebenarnya perbuatan memalukan,”ujar salah seorang pengguna jalan berkendara motor, mengaku  bernama  Edy Winarto, warga Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo.

Saat diminta tanggapannya, berkait kondisi tersebut yang bersangkutan tengah berhenti di jalur lambat sisi kiri arah Kudus-Pati, dan tengah menerima telepon. Selesai itu menyampaikan harapan, jika dari arah Kudus di sebelah tugu batas kota itu sudah ada rambu larangan sepeda motor melintas di jalur cepat Margorejo-Pati, sehingga pengendara roda empat dari luar kota pun mengetahui hal itu.

Akan tetapi, lanjutnya, jika pengendara motor ikut-ikutan melintas di ruas jalan yang sama tentu sesuatu hal memalukan, karena warga Pati dinilai tidak tertib dalam berlalulintas. ”Sebab, di sisi ruas jalur cepat dari arah Pati-Margorejo maupun sebaliknya, sudah disediakan pula jalur lambat sesuai peruntukannya, ternyata diabikan,”ujarnya.

Mengingat hal tersebut, tambah salah seorang pengguna jalan lainnya yang juga berkendara motor dari arah Pati menuju Kudus, Mian, asal Payang, Kecamatan Pati juga mengaku pernah dengan sengaja melihat petugas Satlantas melakukan razia. Sebagai masyarakat tentunya sangat berharap, agar kegiatan penertiban terhadap pelanggaran yang terlihat kasat mata, dan memunculkan potensi terjadinya laka tersebut terus dilanjutkan.

”Melalui upaya itu, maka secara keseluruhan Kota Pati akan semakin lebih tertib dan nyaman,”imbuhnya.

Ditanya dalam kesempatan terpisah Kasatlantas Polres Pati, AKP Adis Dani Garta SiK  MM melalui KBO Lantas Ipda Muslimin juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang menaruh perhatian tentang disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Dengan demikian, mereka yang mempunyai kepedulian tersebut, tentu ingin semua pengguna jalan ini saat berlalu lintas di jalan berlalu tertib, serta menghargai sesama pengguna jalan.

Sebab, dalam melakukan penertiban teknis kegiatan yang dilaksanakan bukanlah razia, melainkan berupa penjagaan, pangawasan dan penindakan (Gawasdak). ”Sehingga penindakan hanyalah terhadap pengguna jalan yang secara kasat mata memang melanggar, maka sudah barang tentu tidak semua kendaraan dilakukan pemeriksaan,”tandasnya.