Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar di SMKN 1 Bangsri

0
57
Narasumber pelatihan Indria SPd MPd, Pimpinan Redaksi Majalah Ratu Raja bersama peserta pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, di SMKN 1 Bangsri, Jepara.(Foto:SN/dok-hp)
Narasumber pelatihan Indria SPd MPd, Pimpinan Redaksi Majalah Ratu Raja bersama peserta pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, di SMKN 1 Bangsri, Jepara.(Foto:SN/dok-hp)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Kegiatan ekstra kurikuler di SMKN 1 Bangsri, Jepara, yaitu menyelenggarakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang berlangsung di aula SMKN setempat. Pelatihan tersebut diikuti anggota ekstra kurikuler  jurnalistik dan beberapa perwakilan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Tujuannya tak lain, untuk melatih ketrampilan jurnalistik di kalangan para siswa . Berkait hal itu, ada empat pemateri yang dihadirkan pada pelatihan tersebut, yaitu Indria Mustika SPd MPd pimpinan Redaksi Majalah Ratu Raja yang diterbitkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tata Busana Provinsi Jawa Tengah. Adapun materi yang disampaikan, yaitu tentang teknik menulis artikel.

Sedangkan materi berikutnya atau materi kedua, adalah tentang Manajemen Keredaksian yang disampaikan M Rif’an SSos SPd MPd. Materi yang disampaikan adalah konsep manjemen, struktur redaksi, dan hal-hal lain yang menyangkut tentang keredaksian.

Untuk materi ketiga disampaikan M Adib Rifai tentang cara menulis puisi. Sehingga Adib pun menyampaikan tentang pengertian puisi, unsur-unsur puisi, majas pada puisi, dan syarat serta tips menulis puisi.

Pada akhir penjelasannya, penyampai materi yang bersangkutan meminta, agar para peserta membuat satu puisi. Dari hasil penulisan puisi tersebut kemudian ditempelkan di majalah dinding (Mading) sekolah.

Materi terakhir, disampaikan Resvi Variska yang dikenal dengan Kak Riska Resvi menyampaikan tentang Public Speaking. Ia pun memberikan contoh, motivasi, dan tips agar bisa berbicara di tempat umum tanpa tergagap-gagap, serta mengajak memainkan permainan yang disambut antusias peserta.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar di SMKN 1 Bangsri ini  diakhiri dengan agenda pemilihan ketua dan wakil ketua jurnalistik baru, serta apel penutupan. Sehingga acara tersebut pun berlangsung hingga akhir dengan lancar, dan dilewati dengan semangat oleh para peserta.(hp)