Tiap Hari Hujan Mengguyur di Lokasi Paket Pekerjaan Bendung Blado

0
29
Pemasangan pintu pembuang/penguras di lokasi paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirjo, Kecamatan Margorejo.(Foto:SN/dok-ri)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengguyurnya hujan tiap siang hari di kawasan lokasi paket pekerjaan Bendung Blado, di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, dan sekitarnya, hal tersebut dikeluhkan pihak rekanan pemenang tender paket pekerjaan tersebut. Dengan kondisi tersebut jika terus terulang tiap hari, hal itu sebagai isyarat bahwa peket pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya itu tidak bisa segera dituntaskan.

Kendati Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) untuk paket pekerjaan itu sudah memberikan perpanjangan waktu selama 40 hari kalender (HK), hal itu akan menyebabkan rekanan harus bersiap-siap menghadapi kendala lainnya. Yakni, dalam dua hari terakhir adalah sudah pergantian tahun yang memasuki bulan januari Tahun 2022.

Biasanya, papar pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Tari, Januari itu cuaca bisa semakin bertambah ekstrem dengan turunnya hujan yang tak kenal waktu, baik pagi, siang, sore maupun malam. ”Dengan demikian, sisa pekerjaan yang masih harus dimaksimalkan memang harus menjadi prioritas agar jangan sampai perpanjangan waktu 40 HK dimanfaatkan semua,”ujarnya.

Kondisi hujan para pekerja harus mencari tempat berteduh di lokasi warga paling pinggir sebelum ke lokasi paket pekerjaan.(Foto:SN/dok-ri)

Karena itu, lanjutnya, untuk hari ini mulai dilakukan pemasangan pintu penguras/pembuang di sisi kiri mercu bendung daru material baja. Yakni, untuk ukuran lebar (B) mencapai 100 cm dan tinggi (H) 3,4 meter. Dengan demikian, pintu kuras itu harus bisa menguras bersih termasuk endapan lumpur yang menutup lantai dasar bendung.

Terlepas dari hal tersebut, di satu sisi perpanjangan HK maksimal tersebut pihaknya memang sudah menjadwalkan untuk tidak dimanfaatkan secara keseluruhan. Sehingga paling tidak, maksimalnya hanya selema 30 hari dihitung setelah berakhinya HK sesuai kontrak, Senin (20/Desember) 2021sampai sekitar pertengahan Januari 2022 mendatang.

Dengan demikian, harapannya sudah barang tentu agar pada hari-hari tersebut belum terjadi cuaca ekstrem, yaitu terjadinya guyuran hujan terus menerus. ”Adapun upaya lain, saat berlangsung pelaksanaan pekerjaan di pagi hingga siang hari memang harus dimaksimalkan, karena siang harinya selalu dikejar turunnya hujan,”imbuh tari.