Jalan ke Luar Truk dari Pangkalan Muktiharjo Sampai Sekarang Belum Dibuka

0
Akses jalan masuk dan ke luar Pangkalan Truk di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, sudah selesai dikerjakan sekitar awal 2020 lalu, tapi khusus untuk akses jalan ke luar sampai sekarang belum dibuka.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembuatan akses ruas jalan masuk dan ke luar dengan kontruksi rigid beton, untuk Pangkal Truk di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Pati, sebenarnya sudah selesai dikerjakan Tahun 2020. Besaran anggaran untuk keperluan itu mencapai Rp 195 juta, sehingga jika tidak dimanfaatkan secara maksimal tentu sayang, karena untuk keperluan truk masuk maupun ke luar hanya menggunakan satu jalur.

Sedangkan jalur yang dimanfaatkan selama ini, baik truk bermuatan pasir masuk dari Jl Kolonel Sunadar atau depan Stadion Joyokusumo ke pangkalan ikut wilayah Desa Winong, Kecamatan Pati. Adapun pangkalan truknya berlokasi di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, tapi saat hendak keluar dari pangkalan tetap lewat di ruas jalan masuk.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sampai saat ini memang belum pernah muncul kendala, seperti saat kendaraan yang secara bersamaan hendak ke luar maupun masuk berpapasan di ujung jalan. Dengan demikian, terjadinya tabarakan memang belum pernah terjadi sehingga pertanyaannya, mengapa akses jalan ke luar yang sudah ada itu masih berpalang atau belum dibuka.

Pos penjagaan petugas di lokasi jalan masuk dan jalan ke luar yang tidak terawat (atas) dan pangkalan truk angkutan material maupun tempat mangkal menunggu order muatan (atas).(Foto:SN/aed)

Padahal, di lokasi tersebut juga dibangun fasilitas pos jaga personel dari jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati. Sedangkan di sisi lain, para sopir truk sekarang juga mematuhi ketentuan bahwa baik membawa muatan meterial masuk ke dalam pangkalan, dan juga truk menunggu order muatan sudah mereka lakukan.

Sebelum itu, para sopir baik yang membawa muatan material maupun menunggu muatan mangkal di pertigaan Yakem dan juga di pinggir jalan Kol Sugiono. Akan tetapi sejak dibangunnnya atau disediakannya pangkalan truk tersebut semua bersedia masuk ke dalam pangkalan kecuali masih ada beberapa kendaraan lain jenis Colt bak terbuka.

Ditanya dalam kesempatan terpisah berkait hal tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, Eko Budi Santosa mengungkapkan, bahwa pihaknya akan mengecek terlebih dahulu  tentang permasalahan itu. ”Kami juga akan berkoordinasi dengan kepala bidang (Kabid) yang menangani dan membidanginya,”ujarnya.