FRPB Pati Ikuti Latihan Gabungan di Rembang

0
59
Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pati, Sutiknya

SAMIN-NEWS.com, PATI – Relawan kebencanaan tentunya wajib mempunyai pengetahuan dan skill terhadap langkah-langkah ketika aksi di lapangan baik itu di darat maupun di laut. Karena berkaitan dengan penanggulangan kebencanaan, baik itu saat kejadian maupun proses evakuasi.

Saat berlangsungnya latihan gabungan

Oleh sebab itu, pentingnya kemampuan dan keahlian penanggulangan bencana, Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pati mengikuti latihan gabungan (Latgab) di Pantai Karangjahe, Punjulharjo, Kabupaten Rembang pada Sabtu (18/12/2021).

Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pati, Sutiknya mengatakan latihan gabungan ini diikuti oleh beberapa daerah. Selain Pati, latihan gabungan juga diikuti dari beberapa kabupaten tetangga, seperti Rembang, Blora dan Jepara.

Materi-materi dalam latihan gabungan cukup banyak dan komprehensif yang diberikan secara simultan kepada para peserta, mulai dari yang sifatnya teoritis sampai pada materi praktik di lapangan dan disampaikan oleh para instruktur berpengalaman.

“Anggota relawan FRPB Kabupaten Pati mengikuti latihan gabungan bersama MTA, dari Pati, Semarang, Jepara, Blora dan Rembang. Latihan gabungan diikuti sebanyak 140 peserta,” ujar Sutiknya.

Namun, latihan gabungan ini difokuskan ketika terjadi suatu kecelakaan khususnya yang berkaitan di laut/air mJadi, teknis pertolongan kepada korban di air ada perbedaan dibanding di tempat lain.

“Dengan materi pasang bongkar prahu, pertolongan korban di air, P3K dan juga materi latihan mengemudi prahu,” pungkasnya.