Wisata Candi Joglo Semar Grobogan Tawarkan Meditasi Bagi Pengunjung

0
46
Tampak depan lokasi kompleks objek wisata Candi Joglo Semar di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan

SAMIN-NEWS.com, Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, Candi Joglo Semar yang berlokasi di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan menawarkan sisi unik bagi pengunjung, yakni olah jiwa dalam bentuk meditasi.

Obyek Wisata Candi Joglo Semar terdiri dari beberapa bangunan candi, di antaranya Candi Joglo, Candi Cinta Candi Rasa, Candi Karsa, Candi Karya yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Kompleks Candi Joglo Semar ini layaknya berada di Bali, pasalnya di lokasi di kompleks wisata ini bernuansa akulturasi perpaduan antara seni budaya Bali dan Jawa.

Pengelola wisata Candi Joglo Semar, Muhadi menyatakan salah satu keunikan di objek wisata ini adalah misalnya di Candi Cinta. Ada beberapa pengunjung yang mendapat jodoh seusai dari sini lalu menikah. Bertempat di Desa Krangganharjo Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan kini tidak hanya menjadi tempat wisata hiburan maupun swafoto, prewedding. Namun tempat wisata tersebut juga bisa menjadi tempat meditasi religi.

“Kita juga membuka tempat untuk meditasi, ini sisi lain yang kita angkat, tidak hanya wisata berfoto saja, namun dari sisi relijinya juga,” ujar Muhadi.

Pengelola wisata sudah menyiapkan lokasi khusus bagi pengunjung yang hendak bermeditasi dan dijadwalkan tiap malam Jumat. Manfaatnya adalah untuk menenangkan jiwa maupun olah rasa, yang dianggap berdampak baik bagi kesehatan, terlebih pada masa pandemi Covid-19.

Muhadi menambahkan, sebelum wabah pandemi berlangsung, jumlah pengunjung di objek wisata Candi Joglo Semar ini antara 1000 s/d 1.500 pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu. Setelah, ada pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jumlah pengunjung turun drastis.

“Tetapi kini saat dilongarkan oleh pemerintah setempat, lokasi wisata mulai bergeliat kembali. Bahkan mulai dilakukan pertunjukkan pentas. Melakukan kreasi-kreasi tarian Bali dan memainkan lakon Ramayana dengan kemas ulang apik untuk menyedot daya tarik wisatawan kembali,” jelasnya.

Sementara itu, satu di antara pengunjung Heni Kurniawati seorang warga Kecamatan Penawangan mengatakan, pihaknya tertarik berkunjung ke tempat wisata itu karena penasaran.

“Baru kali ini, sebenarnya sudah lama ingin berkunjung kesini, karena pandemi saya baru bisa berkunjung kesini, saya  tertarik melihat postingan di media sosial,” katanya.