Rawan Bencana, Ganjar Pranowo Minta Masyarakat Banjarnegara Perhatikan Info BMKG

0
26
Potongan gambar video YouTube Ganjar Pranowo saat memimpin apel siaga bersama pejabat di lingkungan Pemkab Banjarnegara.

SAMIN-NEWS.com, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta masyarakat Banjarnegara untuk selalu memperhatikan info dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait informasi cuaca. Sebab, saat ini musim hujan mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Banjarnegara rawan terjadi bencana.

Hal tersebut diungkapkan Ganjar saat memimpin apel siaga bersama pejabat di lingkungan Pemkab Banjarnegara. Di tengah rintik hujan, apel tetap berlanjut dengan khidmat. Ia mengatakan agar merasakan kira-kira kesiapsiagaan kita seperti apa saat terjadi hujan.

“Selalu mengikuti info BMKG, memantau terus menerus kondisi cuaca, khususnya yang ada di Banjarnegara. Saya komunikasi dengan Bupati dan Forkopimda, saya terima kasih BPBD selalu siaga, hari ini TNI-Polri dan semuanya kita kumpul untuk siaga,” ujarnya dikutip YouTube miliknya, Sabtu (20/11/2021).

Ganjar mengingatkan beberapa kali di Banjarnegara menghadapi situasi bencana. Baik dari pemerintah BPBD, TNI-Polri, hadir di tengah masyarakat untuk membantu. Bahkan ia menyebut Kabupaten Banjarnegara saat ini menjadi perhatian nasional.

“Banjarnegara ini menjadikan khusus perhatian secara nasional. Karena beberapa area yang rawan membutuhkan peran kehadiran semuanya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta mengantisipasi kebencanaan dengan menggunakan seluruh metode, cara dan kemampuan yang dimiliki. Selain itu, melibatkan media mainstream serta media sosial agar bisa memberikan informasi kepada masyarakat.

Kemudian, kata dia mitigasi kebencanaan menggunakan peralatan teknologi guna peringatan dini. Ia menyatakan, pernah dikasih contoh inovasi dari anggota BPBD Banjarnegara terkait teknologi peringatan dini maka ini sesuatu yang keren juga bisa dipasang.

“Bisa juga menerapkan peralatan tradisional dengan ilmu titen, niteni hujannya seperti ini (misalnya) tambah deras, maka ayo segera ngungsi. Maka kita siapkan tempat pengungsian,” Ganjar menjelaskan.