Lomba Mapel IPS Resmi Dibuka Dikbud Hari Ini

0
53
Lomba Mapel IPS Resmi Dibuka Kepala Dikbud, Winarto secara online di SMP Negeri 4 Pati, Sabtu (20/11/2021).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Lomba Mapel IPS oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Pati secara resmi telah dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Winarto di Aula SMP Negeri 4 Pati, Sabtu (20/11/2021).

Lomba Mapel IPS berlangsung secara hybrid pada tahap penyisihan dan berikutnya babak final di SMP setempat dilaksanakan secara luring. Kompetisi oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP tersebut dimulai dari hari ini tanggal 20 s/d 24 November 2021.

Sri Lestari selaku Ketua Panitia mengatakan peserta lomba total terdiri dari 57, baik SMP maupun MTs negeri-swasta. Acara yang digelar beberapa hari ini diikuti peserta sebanyak 344 siswa.

“Penyelenggaraan lomba mapel IPS, untuk menggali sekaligus mencari bibit unggul di Pati agar mereka menjadi kompeten di bidang ilmu sosial. Ini adalah agenda rutin yang diselenggarakan MGMP IPS Pati,” katanya.

Kemudian, paparnya sebagai medium untuk meningkatkan peserta didik jenjang SMP, baik terhadap penguasaan konsep, pemahaman dan analisis untuk perkembangan mutu pendidikan.

Menurutnya, pemahaman dan pengetahuan itu sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional untuk berfikir kreatif. Kemudian, nanti setelah juara tingkat kabupatan, maka selanjutnya siswa tersebut diikutsertakan mewakili kejuaraan di atasnya.

Kepala Disdikbud, Winarto menyatakan apresiasinya terhadap semua pihak yang terlibat di dalamnya. Selain itu, ia juga mengatakan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, mengacu pada SKB empat menteri terkait pelaksanaan PTM secara terbatas.

“Hingga saat ini di Pati melakukan uji coba (PTM) keempat, pada awalnya untuk SMP tiap kecamatan 1 sekolah. Uji coba kedua ada 15 siswa yang terkonfirmasi positif, tetapi dari PCR hanya 1 orang terkonfirmasi. Maka oleh Dikbud mengambil langkah dengan memberhentikan PTM,” ujarnya.

Uji coba ketiga, pihaknya mengaku berjalan lancar tidak ada masalah. Kemudian keempat ini ada kebijakan tambahan yakni untuk kelas 9 SMP boleh masuk, tetapi dengan prokes ketat.