Jembatan Pramuka Gantung Penghubung Lintas Provinsi Jabar dan Jateng sudah Dioperasikan

0
6
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat peresmian Jembatan Pramuka di Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. (Arsip Pemprov Jabar).

SAMIN-NEWS.com, Jembatan Pramuka penghubung lintas provinsi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah diresmikan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, Kamis (11/11/2021). Jembatan gantung ini masuk Museum Rekor Indonesia (MURI).

Atalia mengatakan pembangunan jembatan gantung pramuka ini adalah baru kali pertama di Indonesia yang menghubungkan Provinsi Jateng dan Jabar. Jembatan Pramuka gantung dibangun di atas sungai Cisanggarung yang terletak di Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon.

Dengan panjang jembatan 150 meter, jembatan penghubung lintas provinsi ini hanya memakan waktu sekitar 3 menit dari dan ke Jabar maupun sebaliknya. Jembatan ini menghubungkan akses penghubung Desa Kalirahayu dengan Desa Limbangan, Kecamatan Brebes, Jawa Tengah.

“Ini program pengabdian masyarakat yaitu jembatan gantung pramuka pertama di Indonesia yang menghubungkan Jabar dan Jateng yang kini bisa ditempuh hanya tiga menit,” ujar Atalia.

“Kita bekerja sama dengan DBMPR dan vertical rescue jadi keamanan dan kekuatan jembatan ini sudah dihitung dengan jelas, menggunakan baja kokoh dan akan terus dipantau,” imbuhnya.

Dengan selesainya pembangunan jembatan yang kini telah diresmikan, masyarakat tak perlu susah payah menyeberang sungai Cisanggarung.

Pasalnya, sebelum dibangun mereka harus menggunakan perahu, dengan berbagai resiko serta memakan waktu yang cukup lama. Namun sekarang mobilitas masyarakat lebih cepat.

Dengan demikian, tingginya mobilitas masyarakat terhadap akses perekonomian maupun lainnya diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap meningkatnya pendapatan perekonomian masyarakat.