Bupati Pati Haryanto Minta Peta Penyebaran Capaian Vaksinasi

0
23

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bupati Pati, Haryanto meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati untuk membuat peta terkait penyebaran vaksinasi Covid-19. Peta tersebut menggambarkan skala capaian penyuntikan vaksin di masing-masing wilayah di kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pati Haryanto seperti dikutip akun Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) saat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 yang berlangsung di Pendopo daerah, Jumat (12/11/2021) secara daring.

Dalam kesempatan itu, ia menginginkan roadmap atau peta sejauh mana sasaran vaksinasi di masyarakat. Melalui peta itu bisa dikalkulasi serta dilihat wilayah mana saja yang belum mencapai target yang ditetapkan.

“Minta kepada Kapala Dinas Kesehatan dibuatkan peta penyebaran vaksinasi yang tujuannya untuk mengetahui penyebaran dan prosentasi vaksinasi yang sudah sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Haryanto menyatakan capaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah puskesmas telah mencapai target yakni lebih dari 50 persen.

Sedikitnya ada lima puskesmas secara persentase melampaui ambang batas, bahkan ada yang mencapai 60 persen.

“5 (lima) puskesmas yang sudah mencapai tahapan vaksinasi lebih dari 50 persen yakni puskesmas Pati I, Batangan, Pucakwangi I, Margorejo dan Gunungwungkal, bahkan di puskesmas Gunungwungkal lebih dari 60 persen,” terang Haryanto.

Ia mengapresiasi kinerja para nakes yang secara maksimal membantu penanganan pandemi Covid-19 melalui usaha penyuntikan vaksin. “Sebagai ucapakan terimakasih kepada tenaga kesehatan diberikan sertifikat atas komitmen dan partisipasi dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.