Tambah Lagi Tiga Unit Pemadam di Tempat Untuk Pasar Daerah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, kembali menambah tiga unit fasilitas pemadam kebakaran di tempat lingkungan pasar. Dengan demikian, jika terjadi kondisi darurat munculnya api di lingkungan pasar daerah diharapkan tim pamadamnya cepat tanggap, sehingga api tidak terlanjur menjalar sampai kedatangan regu mobil pemadan kebakaran (damkar) bantuan.

Lebih-lebih, papar Kepala Seksie (Kasie) Kebersihan dan Ketertiban Pasar Bidang Pasar Disdagperin Kabupaten Pati, Sukamto, dengan unit pemadam kebakaran di tempat ini, api yang mulai menjalar saat berlangsung kebakaran sudah berhasil dipadamkan. Sebab, sistem operasional pemadam tersebut ditopang dengan tiga gulung slang, masing-masing panjang 30 sehingga bisa menjangkau lokasi dengan jarak 120 meter.

Sedangkan untuk mendapatkan semprotan air dari slang cukup kuat sampai menjangkau sasaran kobaran api yang harus dipadamkan, maka pada sambungan ujung pipa ke tiga dan ke empat ditopang dengan dorongan genset. ”Dengan demikian, begitu air disemporotkan melalui slang yang sudah dipasang pendorong itu, maka tekanan daya semporotnya benar-benar maksimal,”tandasnya.

Karena itu, lanjut dia, dengan sistem tersebut daya semprot air melalui tekanan cukup kuat pada selang sepanjang itu kemampuan untuk memadamkan api bisa lebih maksimal. Dengan demikian, untuk mencoba pengoperasiannya, masing-masing unit pemadam di tempat ini dikuasakan kepada lima personel operator yang cara pengopersiannya sudah sistematis.

Caranya, mereka bergerak pertama adalah membuka pintu tembok yang digunakan untuk membuat sumur lengkap dengan genset penyedotnya, sehingga air langsung masuk ke bak penampungan. Berikutnya, handle pembuka hidran dibuka maka air dari bak penampungan akan masuk ke dalam selang, kemudian petugas berlari sambil memasang sambungan slang 1, slang 2 dan slang 3 ke slang 4, di mana pada bagian sambungan ini dipasang mesin genset pendorong.

Dengan kondisi itu, maka semprotannya akan benar-benar cukup kuat sampai ke titik kobaran api, dan untuk mengoperasikan sistem pamadaman ini regu/tim pemadam cukup membutuhkan waktu 5 menit. ”Pemadam tersebut untuk Pasar Puri Baru ada dua unit, Pasar Sleko juga dua unit, Pasar Tayu dua unit, dan masing-masing satu unit di Pasar Kayen, Winong, Juwana Baru, Pasar Porda, Pasar Gembong, Pasar Wedarijaksa, Trangkil, dan Pasar Bulumanis Kidul,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post PPKom Kondisikan Rekanan Bisa Kembali Mengerjakan Paket Pekerjaan Dermaga Tambat Perahu Nelayan
Next post Pos Baru Pengamanan Penutupan Tempat Prostitusi Menunggu Pesanan Pintu
Social profiles