Rekanan CV Jaya Baya Sudah Memasang Papan Proyek di Lokasi Jaringan Irigasi Pandi Ngawen

0
75
Papan nama proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Pandi di Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, oleh CV Jaya Baya  sudah terpasang di sisi ujung selatan lokasi proyek tersebut.(Foto:SN/dok-wid)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jika rekanan penyedia jasa CV Jaya Baya pada tahap awal melaksanakan pekerjaan proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Pandi Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, Pati, tidak memasang papan proyek yang menjadi tanggung jawabnya, sekarang ketentuan tersebut sudah dipatuhi. Untuk keperluan itu, rekanan yang bersangkutan menempatkan papan proyek tersebut di ujung selatan lokasi proyek.

Sebab, akses jalan masuk maupun keluar dari proyek itu dari sisi selatan karena jika dari utara hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki, dan bahkan hal itu harus melintas di atas jembatan bendung. Selain paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi D.I Pandi, untuk paket pekerjaan lainnya termasuk penataan senderan susu kiri dan kanan hulu bendung sepanjang kurang lebih 60 meter yang kini juga mulai dikerjakan.

Hal itu dibenarkan pelaksana lapangan dari rekanan yang bersangkutan, Wiwid, ketika bertemu di lokasi proyek, Senin (25/Oktober) tadi pagi. ”Untuk lokasi penataan senderan sisi kiri dan kanan hulu bendungan sudah mulai kami kerjakan, agar jika sewaktu-waktu turun hujan untuk galian pemasangan konstruksi senderen sudah siap, sehingga pelaksanaan pekerjaan tidak akan banyak terganggu,”ujarnya.

Kondisi hulu Bendung Ngawen yang penataannya mulai dikerjakan (atas) dan rehabilitasi jaringan irigasi D.I Pandi juga mulai persiapan pemasangan senderan yang akan dilaksanakan, Selasa (26/Oktober) besok (bawah).(Foto:SN/aed)

Selain itu, lanjut Wiwid, pihaknya juga sudah mempersiapkan material berupa batu belah yang akan disusul dengan pasir, karena mulai Selasa (26/Oktober) besok sudah mulai dilakukan pemasangan batu belah untuk senderan sisi kiri dan kanan jaringan irigasi tersebut. ”Hari ini untuk pemasangan profil sudah mulai dikerjakan sehingga, besok tinggal mulai melaksanakan pekerjaan pasang senderan saluran,”imbuhnya.

Sementara itu, dari papan proyek yang jelas terpasang maka pelaksanaan pekerjaan paket proyek tersebut siapa saja bisa membacanya. Dengan demikian, mulai jenis paket pekerjaan sampai lokasi dan berapa besar alokasi anggarannya, dan dari mana sumber dana tersebut semua bisa diketahui dan dibaca, untuk menghindari munculnya pendapat proyek siluman.

Untuk paket pekerjaan yang berlangsung saat ini sesuai yang tertulis pada papan proyek adalah ”Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Pandi Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati (Kegiatan IPDMIP). Biaya + PPN Rp 1.369.880.000 dengan Sumber Dana dari Loan IPDMIP Tahun Angaraan 2021, Dimulai 05 Oktober  2021, Selasai 18 Desember 2021, Jangka Waktu 75 Hari Kalender (HK) oleh Pelaksana CV Jaya Baya.