Paket Pekerjaan Bendung dan Jaringan Irigasi Cabean Baru Dikerjakan Pekan Lalu

0
82
Lokasi Bendung Cabean di kawasan hutan jati, masuk Desa Guyangan, Kecamatan Winong, Pati, pekan lalu mulai dikerjakan.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jika membaca papan proyek untuk paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi (DI) Cabean, di Desa Guyangan, Kecamatan Winong, Pati tertera dimulainya pelaksanaan pekerjaan itu adalah 15 September 2021. Diduga karena faktor nonteknis, rekanan pemenang paket pekerjaan tersebut baru melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya itu pekan lalu.

Selain untuk pakerjaan penataan dinding samping kiri kanan bendung juga ada pembuatan jaringan tempat endapan lumpur/sedimentasi yang terletak beberapa meter sisi kiri bendung. Khusus yang disebut terakhir, panjangnya mencapai 70 meter dengan kedalaman/tinggi di bagi dua, masing-masing satu dan dua meter.

Dengan tersedianya fasilitas tersebut, papar pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Bimo, maka kedalaman bendung bisa dikurangi endapan lumpurnya karena sudah tersedia fasilitas penampungnya. ”Selain pekerjaan itu, ada pula bagian pekerjaan penataan jaringan irigasi sepanjang satu kilometer dengan konstruksi dasar dan dinding kiri maupu kanan menggunakan rangkaian besi,”ujarnya.

Alat berat jenis ekskavator tengah melakukan pengerukan lokasi untuk penampungan lumpur dari bendung (atas) dan penataan jaringan irigasi Cabean, di Desa Guyangan, Kecamatan Winong, Pati (bawah).(Foto:SN/aed)

Kembali membaca papan proyek tersebut pun terlihat, bahwa alokasi anggaran yang bersumber dari bantuan Bank Dunia (Loan) IPDMIP Tahun 2021, sebesar Rp 2.533.600.000 yang dimulai 15 September 2021 dan selesai 13 Desember 2021 atau jangka waktu 90 hari kalender (HK). Dengan demikian, rekanan masih mempunyai sisa waktu 43 hari kalender, terhitung mulai Sabtu (30/Oktober) hari ini.

Menjawab pertanyaan atas kondisi tersebut, pelaksana lapangan yang bersangkutan, Bimo menegaskan, bahwa pihaknya optimistis tetap akan bisa menuntaskan pelaksanaan pekerjaan tersebut sesuai kontrak. Dengan demikian, meskipun hari kalender yang berlangsung sebagian tapi sisanya akan dimanfaatkan secara optimal, sehingga setelah hari ini waktu yang tersedia akan dimanfaatkan secara optimal.

Tidak hanya itu,  mulai pekan depan penambahan jumlah personel pekerja juga akan dilakukan terutama untuk penataan jaringan irigasi yang ditingkatkan dengan perkuatan kerangka besi. ”Sedangkan untuk pekerjaan bendung juga akan dioptimalkan, untuk pemasangan dinding penguat sisi kiri maupun kanan, karena tidak harus menata konstruksi mercu yang sudah ada,”imbuhnya.