Menteri PPPA: Pembangunan Belum Dirasakan Setara Kaum Perempuan

SAMIN-NEWS.com, Pembangunan yang dijalankan oleh Indonesia hingga saat ini belum mampu dirasakan setara bagi perempuan. Padahal, pembangunan di tanah air ini merupakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semu elemen masyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga saat acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 secara daring, Rabu (13/10/2021).

Akan tetapi menurut Bintang, seringkali yang terjadi adalah pembangunan tersebut belum dirasakan secara setara oleh kaum perempuan. Penyebabnya adalah pembangunan belum mampu menjangkau terkait perbedaan kebutuhan.

“Penyebab adanya ketidaksetaraan itu antara lain karena kebijakan, program dan kegiatan pembangunan belum sepenuhnya memperhatikan adanya perbedaan kebutuhan, pengalaman, dan kondisi lainnya di masyarakat,” ungkap.

Kemudian hal ini didasari masih ada ketimpangan relasi kuasa yang terjadi antara perempuan dan laki-laki berdampak pada adanya kesenjangan di sejumlah bidang. Misalnya kesenjangan terhadap akses, partisipasi, kontrol, dan penerima manfaat pembangunan.

Oleh karena itu, Kementerian PPPA pun terlibat dalam upaya mewujudkan pembangunan yang merata terhadap perempuan di berbagai tingkatan. Termasuk melakukan pemantauan dan evaluasi strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan strategi pengaursutamaan gender (PUG) di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk menghilangkan adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki itu,” paparnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Alat Kelengkapan Kerja untuk Perbaikan Dermaga Tambat Perahu Nelayan Sudah Tiba di Lokasi
Next post Yogyakarta-Jawa Tengah Kian Panas, Ini Penjelasan BMKG
Social profiles