Indonesia Kedatangan Vaksin dari Australia dan Jepang

0
29
Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca. foto: voaindonesia

SAMIN-NEWS.com, Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-93 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (20/10/2021) kemarin. Vaksin didatangkan dari dua negara, masing-masing dari Australia dan Jepang.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyampaikan kedatangan vaksin dari dua negara kali ini sebanyak 1,2 juta dosis vaksin AstraZeneca dari Australia, dan 224 ribu dosis AstraZeneca dari Jepang.

“Kedua tahap kedatangan vaksin tersebut merupakan hasil skema donasi. Total, Indonesia mengamankan stok vaksin sejumlah 286.724.400 dosis, dalam berbagai merek dan bentuk,” ujar Usman.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan disamping kedatangan vaksin tahap ke-93 di Bandara Soetta pukul 14.25 wib di hari yang juga kedatangan vaksin tahap ke-94 pada pukul 23.50 wib.

Dengan bertambahnya stok vaksin dalam negeri, maka selanjutnya bagaimana semua pihak terkait mendistribusikan dan menyuntikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, pihaknya meminta kerjasama semua elemen mendukung program vaksinasi.

“Bersamaan dengan itu, pemerintah tak lupa mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Usman mengakui, sampai saat ini masih ada beberapa daerah belum mencapai target vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan. Di lain sisi, daerah juga mengalami kendala keterbatasan vaksin guna mencapai target tersebut.

“Pemerintah pusat terus mendorong daerah untuk melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi bagi warganya, antara lain dengan melibatkan instansi seperti TNI dan Polri,” tambah dia.