BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi hingga 6 M di Sejumlah Perairan Indonesia

0
38
BMKG keluarkan peringatan gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia

SAMIN-NEWS.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.  Peringatan ini berlaku mulai Kamis, 21 Oktober 2021, 07.00 WIB Sampai Jumat, 22 Oktober 2021, 07.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari laman maritim.BMKG, dijelaskan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-15 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Samudra Hindia selatan Jawa.

Area Perairan Dengan Gelombang Sedang  berkisar 1.25 – 2.50 M terjadi di antaranya di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Selatan Flores, Laut Sawu hingga Laut Timor.

Area perairan dengan gelombang tinggi antara 2.50-4.0 meter terjadi di Perairan Barat P. Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan Enggano hingga Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, wilayah Barat dan Selatan Selat Sunda, Perairan Selatan Banten hingga Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan dan Perairan P. Sawu-Rote.

“Area perairan dengan gelombang sangat tinggi antara 4.0 s/d 6.0 meter terjadi di Samudra Hindia Selatan Banten hingga Lombok,” tulis penjelasan BMKG.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” lanjut bunyi peringatan BMKG tersebut.