Pospam Baru Adalah Bagian dari Kelanjutan Penyikapan Penutupan Tempat Prostitusi

0
105
Pospam baru sebagai kelanjutan penutupan tempat prostitusi di Pati, kini tengah dalam proses penyelesaian.(Foto:SN/aed)

SANIN-NEWS.com, MENGINGAT penempatan Pospam yang kini tengah dalam proses penyelesaian, adalah tepat di ujung jalan masuk tempat prostitusi Kampung Baru (KB) dan juga Ngemblok, maka seorang ketua kelompok paguyuban bertanya, apa manfaat yang didapatkan. Lagian, lokasi tersebut adalah hak milik sendiri, tidak sebagai objek sengketa dengan pihak lain, dan langkah penyelesaian yang diinginkan sesuai sikap pihaknya, terutama KB adalah tegas, dan jelas.

Terlepas dari hal itu, menyikapi langkah yang diambil oleh pihak berkompeten di Pati juga tidak perlu apriori atau bahkan terlalu berburuk sangka. Jika pihak yang bersangkutan tidak merespon tawaran yang disebut-sebut sebagai tantangan terbuka, agar lahan dan bangunan di kompleks itu dibeli, hal itu juga sah-sah saja.

Dengan kata lain, dalam kesempatan suatu saat nanti pasti akan muncul reaksi dari kelompok atau pihak yang merasa dirugikan, karena sudah tidak ada harapan lagi. Sehingga yang tersisa sudah pasti kemauan untuk terus bertahan, sambil menjual barang-barang miliknya yang masih laku dijual agar bisa bertahan selama tidak ada langkah penyelesaian yang jelas.

Karena itu, ke mana arah kemauan pihak yang berkompeten dalam upaya menyelesaikan kelanjutan masalah tersebut, maka lebih sebut saja sebagai hal yang harus ”bergantung kepada angin”. Maksudnya, ke mana arah angin akan bertiup pada kondisi sekarang ini, maka upaya penyikapan yang dilakukan adalah terus menempatkan para personel untuk berjaga di Pospam masing-masing.

Sampai saat ini, sudah selesai disiapkan satu pos yang juga sudah difungsikan, yaitu di dalam lingkungan komplek Lorong Indah (LI). Berikutnya akan menyusul pos yang sama, di pinggir jalan raya Pati-Kudus, atau tepat di ujung jalan masuk KB yang juga bisa sampai di Ngemblok, tapi terkecuali yang di luar pagar tembok sebelah kanan Pasar Hewan Margorejo.

Tersedianya pos penjagaan dari tenda pasukan yang pasti akan digeser atau tidak lagi dimanfaatkan setelah pos yang didirikan sekarang terselesaikan, maka paling tidak yang bertugas jaga sedikit merasa nyaman bila dibanding saat masih berada di dalam lingkungan kompleks Ngemblok. Dari kompleks ini, jika ada yang secara diam-diam masuk ke KB baik siang mapun malam pasti akan terlihat.

Sebab, di luar lokasi KB dan Ngemblok sekarang juga masih ada pos dari tenda pasukan, dan di lokasi Ngemblok juga tak jauh berbeda. Akan tetapi lokasi yang disebut terakhir berada dalam kawasan areal persawahan, sehingga bila malam hari yang namanya nyamuk tentu akan menyerang para petugas jaga, mengingat penghuni lain sudah tidak ada.

Berpindahnya nanti pospam itu di pinggir jalan raya Pati-Kudus, minimal serangan nyamuk bila malam hari akan sedikit terkurangi. Sedangkan di sisi lain, jika ada pemilik warung makan yang berderet di sebelah kanan lokasi pospam itu menjadi tempat mangkal pelayan ganda, maka mereka akan merasa sungkan kepada para petugas yang berjaga di pospam sebelahnya.

Harapannya, agar saja hal itu benar-benar sudah tidak ada !