OPD di Lingkup Pemkab Pati Banyak Diisi PLt

0
17
Ilustrasi seleksi JPT.( Foto: dok. Kemenpan RB)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa jabatan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati saat ini cukup banyak yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas (PLt). Secara administratif belum dijabat oleh pimpinan definitif.

Kepala Bidang (Kabid) Formasi dan Jabatan pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Rizki Hermanu merinci OPD di lingkup Pemkab Pati dijabat PLt yaitu mulai dari, BPKAD, BKPP, Dinkes, Dinporapar, Dishub ditambah DLH per 1 September 2021.

“Perbedaannya kalau (pimpinan) definitif itu memang sudah penempatannya di OPD yang bersangkutan. Kalau pimpinan OPD-nya kosong baru di tunjuk Plt,” ujarnya saat dihubungi.

Dari keduanya itu, katanya tidak cukup banyak perbedaan yang mencolok. Hanya saja perbedaan keduanya adalah pengambilan keputusan strategis di dinas terkait yang dipimpinnya tersebut.

“Kewenangannya sama, kecuali hal-hal yang bersifat strategis seperti pemberhantian pegawai, pemindahan pegawai,” ujar Nanu sapaan akrabnya.

Pemkab Pati saat ini telah membuka pendaftaran bagi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) untuk mengisi kekosongan jabatan di masing-masing OPD. Waktu seleksi sudah berjalan mulai awal bulan Agustus 2021.

JPT ini termasuk seleksi kekosongan kursi Sekda Pati yang sudah hampir purna masa jabatannya.

Nanu menjabarkan tahapan seleksi tersebut, pertama pengumuman dan pendaftaran tanggal 4 s/d 9 Agustus, verifikasi dan seleksi dokumen administrasi 12-14 Agustus, pengumuman hasil seleksi administrasi 16 Agustus, seleksi uji kompetensi tanggal 19, 21 dan 22 Agustus, tes kesehatan 23-25 di bulan sama.

Kemudian, di bulan September uji gagasan dan wawancara peserta hingga pengumuman dan dijadwalkan 1 Oktober 2021 pelantikan bagi masing-masing peserta terpilih.