Kopi Original Santri Tawarkan Kopi Khas Robusta

0
107

SAMIN-NEWS.com, PATI – Muhammad Abdullah Lutfi mengaku senang atas kesempatan mengikuti Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm). Lutfi merupakan salah seorang pelaku usaha UMKM dengan produk kopi “Kopi Original Santri”.

“Pelatihan Kewirausahaan yang diberikan ini bisa memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengatur me-manage usaha kopi,” ujar Lutfi seusai pelatihan.

Untuk diketahui, Dinkopumkm Pati menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi usaha mikro di Kabupaten Pati yang berlangsung selama tiga hari sejak Hari Rabu kemarin, tanggal 15 s/d 17 Agustus.

Materi dalam pelatihan tersebut diantaranya adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, motivasi bisnis, teknik negosiasi hingga bagaimana branding produk yang menarik.

Awal mulanya terjun, Lutfi setelah lulus dari salah satu perguruan tinggi negeri Islam Yogyakarta, kemudian pulang kampung mulai merintis usahanya itu sejak tahun 2018. Di kampung halamannya, Desa Semerak, Margoyoso, ia mendirikan semacam kedai kopi.

Ia menyajikan kopi robusta Pati, lalu dikemas dengan berbagai ukuran. Sedangkan harganya pun terbilang cukup terjangkau bagi kantong, untuk ukuran 200 gram dibanderol Rp 25 ribu.

Berbagai upaya ia lakukan guna membranding dan memasarkan produknya. Lutfi juga tercatat ikut komunitas UMKM Pati (Kupat). Selain itu, di kedainya ia memberikan kopi gratis bagi orang berbuka puasa Senin-Kamis.

Hal tersebut ia lakukan guna memasarkan produk olahannya agar dikenal luas. Sementara ia memberikan promo khusus bagi santri “Kemudian Ngaji 1 juz di tempat gratis makan dan minum,” imbuh Lutfi.