Dukung Pengembangan Riset, HMPS Tadris Matematika Gelar Persen

0
33

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika IAIN Kudus menggelar Pekan Riset dan Seni (Persen) sebagai upaya pengembangan pengetahuan riset serta seni yang berbasis teknologi. Persen dilaksanakan selama empat hari terhitung tanggal 24 s/d 28 Agustus 2021 secara virtual.

Ketua Prodi Tadris Matematika, Arghob Khofya Haqiqi menjelaskan sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk setidaknya mahir dalam penyusunan karya penelitian ilmiah. Olehnya, Persen hadir memfasilitasi mereka dalam mendukung mengembangkan keterampilan tersebut.

“Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa berupa kemampuan riset ilmiah yang sekaligus mengasah kreativitas mahasiswa guna memberi bekal dalam perkuliahan maupun setelah lulus,” ujarnya.

Sebagai informasi, acara Persen ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang meliputi Bedah Jurnal, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, Webinar Media Pembelajaran dan Pelatihan Desain.

Hari pertama acara Persen dibuka dengan Bedah Jurnal yang diisi oleh Naili Luma’ati Noor, M.Pd. selaku dosen perguruan tinggi setempat. Hari kedua, yakni Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan narasumber Hendrianto Arif Hidayat. Ia adalah mahasiswa Berprestasi Pemetaan 2 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Kemudian, hari ketiga yaitu Webinar Media Pembelajaran dengan diisi dua narasumber. Adalah Fina Tri Wahyuni, M.Pd. dosen setempat dan Nuhyal Ulia, M.Pd. dosen PGSD Unissula. Dan terakhir Pelatihan Desain dengan narasumber Ibnu Hafiz Fadhilah sebagai mahasiswa UGM seorang Desainer Grafis.

Antusiasme peserta Persen sangat tinggi, hal ini terbukti ratusan orang mengikuti acara tersebut, mulai pelajar, guru, mahasiswa, dosen hingga masyarakat umum.

Sementara itu Ketua Persen, Rina Fitriani menambahkan persembahan Persen oleh HMPS bisa memberikan pengetahuan baru, baik oleh mahasiswa pun demikian semua peserta.

“Dari rangkaian kegiatan Persen dapat memberikan pengetahuan baru, ilmu baru serta menambah relasi,” harapnya.