Tips Menggunakan Bahan Alami Tangani Sakit Gigi

0
24
Berkumur dengan garam salah satu bahan alami mengurangi rasa sakit gigi. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sakit gigi sangat mengganggu aktivitas seseorang. Bahkan ada yang menyebutkan lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi. Ungkapan ini bukan mengada-ada, pasalnya ngilu yang ditimbulkan bisa merambah ke anggota badan lainnya.

Akibat sakit gigi, seseorang tidak merasa nyaman. Makan tak enak hingga tidur pun tak nyenyak. Sakit gigi ini disebabkan berbagai faktor, mulai dari kurangnya menjaga kesehatan gigi juga dari sisa makanan yang menimbulkan plak. Lama-kelamaan akan berpengaruh pada gigi sehingga berlubang.

Sakit gigi bisa menyerang kapan saja, datangnya tiba-tiba. Sering juga dialami banyak orang, usia anak sampai dewasa. Jika gigi berlubang tidak segera ditangani, maka menyebabkan lubang semakin besar, infeksi sampai gigi tanggal.

Akan tetapi, sebagian orang takut menggunakan obat untuk mengobati sakit gigi. Alasannya ada yang menjaga kesehatan tubuh dari bahan kimia. Akhirnya, banyak memilih bahan alami yang tersedia di sekitar kita.

Berikut kami rangkum bahan alami atau tradisional untuk menghilangkan rasa ngilu yang ditimbulkan.

  1. Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu satu cara efektif mengurangi dan menghilangkan rasa sakit gigi. Sifat garam mampu menyerap bakteri jahat pada mulut dan gigi.

  1. Bawang Putih

Caranya bisa dihaluskan terlebih dahulu, kemudian digunakan untuk kumur atau bisa juga ditambah seperlunya garam. Selain itu, bawang putih mentah bisa juga dikunyah pada area gigi yang sakit selama beberapa menit.

  1. Es Batu

Es batu mampu mengurangi rasa sakit gigi yang muncul. Pemakaiannya dengan cara ea batu dibungkus kain atau handuk lalu dikompreskan ke bagian luar gigi yang sakit (pipi). Es batu bisa merelaksasi ngilu yang muncul. Ea batu tersebut tempekkan wajah selama beberapa menit.

  1. Minyak Cengkeh

Cara berikutnya untuk meringankan sakit gigi adalah melalui minyak cengkeh. Pemakaiannya kapas dicelupkan ke minyak cengkeh lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga ada yang menggunakan batang cengkeh. Caranya digigit pelan lalu tahan beberapa menit oleh gigi yang sakit.

Tulisan ini dirangkum dan disadur daru berbagai sumber mengenai pengobatan sakit gigi secara tradisional. Akan tetapi, jika sakit gigi tetap menyerang disarankan untuk periksa dan memperoleh perawatan yang ahli di bidangnya.