Mahasiswa PPL IAIN Kudus Kolaborasi dengan TBM Omah Buku Adakan Lomba Mewarnai

0
79
Tampak serius anak-anak mengikuti lomba mewarnai memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah anak-anak di Dukuh Gibing, Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak mengikuti lomba mewarnai, Jumat (27/8/2021), dengan diikuti anak setingkat dasar mulai kelas 1 s/d 6 SD.

Lomba mewarnai bagi anak-anak ini merupakan hasil kolaborasi antara pengurus TBM Omah Buku Kosmasari dengan teman-teman mahasiswa PPL dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.

Ketua PPL, Ali Muslih menyampaikan kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak di desa ini adalah untuk meningkatkan minat belajar anak. Terlebih, sejak munculnya pandemi, aktivitas pembelajaran sangat menjemukan akibat dilakukan secara daring.

“Ini anak-anak tentu merasa bosan di rumah terus, belajar di rumah, sekolah dari rumah. Lomba mewarnai ini agar bisa memotivasi anak-anak,” terang Ali.

Ia menceritakan, sebelumnya bersama dengan teman-temannya diarahkan untuk mengunjungi dan sharing kepada TBM Omah Buku Kosmasari oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Kemudian, lanjut dia bertemu dengan pengurus TBM Omah Buku Kosmasari yang pada akhirnya disepakati mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak dengan tujuan memperingati Hari Kemerdekaan.

Sementara Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, M Syihabuddin mengatakan pihaknya terbuka bagi yang ingin kerjasama, sharing ataupun belajar bersama apalagi terhadap anak-anak.

“Justru dengan kegiatan seperti ini bagi anak sangat menyenangkan di tengah kesibukan pembelajaran sekolah, ini bisa menjadi hiburan bagi mereka,” katanya.