Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Satpas SIM Satlantas Polres Pati Capai 92 Persen

0
31

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satlantas Polres Pati bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Surakarta untuk melakukan Survei Kepuasan Pelayanan Publik dan Survei Indeks Persepsi Korupsi pada Pelayanan Satpas SIM.

Pelayanan Satpas SIM Satlantas Polres Pati pada periode awal tahun mulai bulan Januari hingga Maret 2021 persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik sangat baik.

Kasat Lantas Polres Pati melalui Baur SIM, Bripka Hery Prayitno menjelaskan hasil survei kepuasan pelayanan publik Satpas SIM Satlantas Polres Pati tersebut menunjukkan kepuasan masyarakat yang baik.

“Kepuasan pelayanan publik pada Satpas SIM Polres Pati yang dilakukan oleh Fakultas Hukum Universitas Surakarta dengan capaian nilai SKM 92,51 (Sangat Baik),” ujar Hery kepada Samin News melalui laporan tertulisnya, Jumat (13/8/2021).

Ia melanjutkan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukannya tersebut dengan melibatkan sebanyak 100 responden. Untuk memperoleh data yang diperlukan, ada beberapa indikator yang dikelompokkan menjadi mulai sarana dan prasarana, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana.

Kemudian, indikator persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya spesifikasi produk jenis pelayanan, penanganan pengaduan saran dan pengaduan.

Beberapa indikator itu lantas dikonversikan dengan nilai rata-rata mencapai angka 3 persen. Dan total kumulatif mencapai 92,51 persen indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Satpas SIM Satlantas Polres Pati.

“Polres Pati terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” pungkas Hery.